Ini Trik Memotret Refleksi & Portrait Unik Malam Hari Pakai HP

32

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id– Berburu foto-foto estetik saat malam hari merupakan waktu yang tepat. Baik itu foto landscape, cityscape, atau suasana jalanan, semua bisa menjadi objek foto yang menarik.

Hanya saja memotret di malam hari juga memiliki tantangan tersendiri. Untungnya berkat kecanggihan teknologi, memotret malam kian dimudahkan, bahkan menggunakan handphone, salah satunya Galaxy A34 5G.

Menurut Brian Hardimas, fotografer dan content creator, tiga kamera di HP Samsung ini dapat diandalkan untuk memotret di malam hari. Kamera wide 48 MP bisa diandalkan untuk memotret dengan objek bergerak.

“Kalau hunting malam mau memotret kereta, kan itu bergerak cepat. Atau memotret strangers yang lagi lewat kan bergerak cepat. Dengan kamera 48 MP, objek bergerak maupun diam di kondisi minim cahaya sekalipun,” ujarnya saat media workshop nightography Galaxy A34 di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Dijelaskan lagi kamera ultra-wide 8 MP bisa dipakai bisa menangkap keseluruhan bangunan sehingga cocok dipakai untuk memotret cityscape. Lalu ada kamera depan ada 13 MP yang bisa diandalkan untuk memotret selfie di malam hari.

“Cocok kalau mau bikin foto pap ayang sebelum tidur,” canda Brian.

Adsense

Ada fitur Nightography yang memaksimalkan dalam pemotretan di malam hari. Hasil jepretan jadi detail dan jelas. Jika ingin berkreasi, misalnya membuat foto long exposure, dapat memanfaatkan mode pro di Galaxy A34.

“Kita bisa atur ISO dan shutter speed. Jangan lupa pakai tripod agar lebih stabil,” saran Brian.

Tips Foto Refleksi di Malam Hari
Teknik foto refleksi atau pantulan dapat menghasilkan foto yang menarik dan artistik, dengan bermacam-macam objek foto, bisa bangunan dengan ornamen arsitektur yang estetik, pejalan kaki, dan sebagainya.

Untuk menghasilkan foto semacam ini ada yang menggunakan permukaan air atau kaca sebagai medium untuk memantulkan objek foto. Brian sendiri menyarankan menggunakan layar smartphone. Caranya:

  1. Aktifkan gridline. Caranya, buka aplikasi Camera, lalu tap Settings, scroll dan temukan Grid lines.Geser tombol untuk mengaktifkan. Setelah itu, setiap kali membuka kamera, di layar akan muncul alat bantu visual berupa empat garis horizontal dan vertikal.
  2. Selanjutnya, masuk ke mode Night Mode. Dari layar kamera, pilih tab More, lalu tap Night untuk mengaktifkan.
  3. Tentukan spot foto yang mau kamu refleksikan.
  4. Set objek foto kamu pada center grid.
  5. Gunakan layar handphone lain yang dalam keadaan mati sebagai mirror untuk menghasilkan foto refleksi. Jepret

Trik Cahaya Buatan Pakai HP
Jika ingin membuat foto portrait di malam hari bisa menggunakan trik berikut:

  1. Pada hp yang dipakai objek, cari wallpaper warna yang diinginkan
  2. Buka wallpaper tersebut dalam tampilan full screen
  3. Lalu setting brightness sesuai keinginan
  4. Arahkan cahaya pada muka objek atau sesuai keinginan
  5. Pada handphone untuk memotret buka Portrait Mode, lalu foto objek

(Sumber: Detik)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More