Review realme 11, Bagasi Luas Performa Cadas

284

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, iTechMagz.id – Pekan lalu, realme 11 resmi meluncur di Indonesia dengan harga senilai Rp 3,499 juta.

Berbeda dengan dua varian smartphone lainnya yang masuk ke dalam keluarga 11 Series yang sudah berjalan di lintasan 5G, realme 11 reguler ini masih menggunakan jaringan 4G LTE.

Meski demikian, bukan berarti smartphone terbaru realme ini hanya sekadar pelengkap semata. Lebih dari itu, realme 11 juga menawarkan fitur yang cukup menarik di kelasnya.

Untuk mengetahui fitur apa saja yang dibawa perangkat ini, silakan simak review realme 11 berikut ini.

Review realme 11

Desain dan Layar

Perihal desain, merek ponsel yang baru merayakan ulang tahunnya yang kelima di Indonesia itu mengadopsi Glory Halo Design.

Secara sederhana, konsep desain ini memberikan realme 11 identitas yang berbeda dari smartphone lain di kelasnya.

Dengan dekor kamera halo yang mewah dan efek cahaya berbentuk S di bagian belakang, smartphone ini memberikan kesan premium dan terasa nyaman dalam genggaman.

Apalagi, varian ponsel yang bertandang ke meja redaksi iTechMagz.id dipolea dengan warna Glory Gold yang membawa konsep mewah dan elegan.

Beralih ke sektor layar, realme 11 dibekali panel Super AMOLED seluas 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ (2.400 x 1.080 piksel).

Layar perangkat juga sudah mendukung kecerahan puncak hingga 1000 nits. realme 11 juga mampu memberikan penyesuaian kecerahan hingga 4096 tingkat.

Bagi pengguna yang hobi bermain game, kabar gembira menghampiri kalian karena ponsel ini sudah mendukung refresh rate hingga 90 Hz. Agar lebih awet, bagian depan layarnya telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Review realme 11

Performa

Bicara performa, tentu tidak terlepas dari chipset. Sekadar informasi, spesifikasi realme 11 dipersenjatai oleh chipset MediaTek Helio G99 yang bertenaga di segmen harganya.

Secara umum, Helio G99 merupakan chipset yang dapat diandalkan untuk segala kebutuhan, terutama dalam bermain game-game dengan label non AAA.

Untuk teknisnya, skor benchmark realme 11 dengan aplikasi Antutu Benchmark 10.0.1 mencapai total 420.939, dengan rincian skor CPU 137.731 dan skor GPU 55.193.

Perlu diketahui, Helio G99 dibangun dengan pemrosesan 6 nm yang memuat dua prosesor delapan inti A76 2.2 GHz dan enam prosesor delapan inti A55 2.0 GHz. GPU-nya sendiri menggunakan ARM G57 MC2.

Selain itu, SoC ini turut membawa RAM dinamis hingga 16GB (8GB+8GB) untuk memastikan penggunaan sehari-hari yang lancar dan tanpa hambatan, terutama dalam menjalankan banyak aplikasi dan berpindah antar aplikasi.

Adsense

Smartphone ini juga hadir dengan penyimpanan yang besar di segmen harganya dengan ROM 256GB dan penyimpanan eksternal hingga 1TB yang memberikan lebih banyak ruang untuk file, foto, atau video.

Soal software, realme 11 menggunakan antarmuka realme UI 4.0 berbasis sistem operasi Android 13.

Review realme 11

Kamera

realme 11 menghadirkan kamera flagship dengan resolusi tertinggi di segmennya yaitu 108MP ProLight Camera dengan dukungan 3x in-sensor zoom, sehingga menghasilkan foto yang lebih jernih dan detail.

Tak sekadar mengandalkan besaran resolusi, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur unggulan lainnya.

Misalnya ada 108MP Mode. Pada mode ini, realme 11 mendukung output langsung 108MP, menghadirkan piksel tertinggi di segmen harganya. 108MP pada realme 11 mengandung 108 juta detail, setiap piksel bekerja dalam pencitraan, menghasilkan foto yang sangat jernih dan tajam.

Kemudian, ada pula fitur 3x In-sensor Zoom, dimana smartphone ini memanfaatkan teknologi in-sensor zoom dari sensor HM6 untuk mengambil foto yang tidak kalah dengan foto yang diambil dengan zoom optik 3X.

Dengan algoritma penggabungan untuk membuat foto yang diperbesar menjadi lebih indah, pengguna dapat melihat lebih dekat ke detail dan membentuk komposisi foto seperti yang pengguna inginkan.

Bagi penikmat fotografi malam, realme 11 sudah dibekaliteknologi binning 9-in-1 yang menggabungkan 9 piksel menjadi 1 piksel super besar, sehingga meningkatkan kualitas gambar malam hari dan kemampuan pengendalian noise, serta memberikan performa yang sangat baik untuk pengambilan gambar di malam hari.

Berkat dukungan algoritma smart ISO, kecerahan maksimum sensor HM6 yang digunakan pada realme 11 telah meningkat 160% di lingkungan yang gelap.

Saat menangkap objek bergerak, autofokus kamera akan lebih cepat karena semua piksel dilengkapi dengan PDAF. Konon, akurasi fokus realme 11 sembilan kali lebih tinggi dari perangkat yang menggunakan sensor HM2.

Selanjutnya, ada 3 filter kamera baru yang menghadirkan lebih banyak gaya fotografi ke mode Street Photograpy, yaitu Tranquil, Crisp, dan Cinematic yang menonjolkan kepribadian melalui kontras yang kuat dan kontras antara terang dan gelap.

Review realme 11

Daya Tahan

Urusan daya tahan, smartphone dengan tagline Leap Beyond the Competition itu hadir dengan kecepatan pengisian daya tercepat di segmen harganya dengan pengisian daya 67W SUPERVOOC Charge.

Pengisian daya tercepat ini dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung, antara lain seperti:

  • Dual charge pump technology. Dengan solusi pompa muatan ganda 2:1 yang inovatif, efisiensi konversi antara dua pompa muatan mencapai 98%.
  • Charging speed: 1-50% dalam 17 menit, 1-100% dalam 45 menit.
  • Smart Algorithms:
    VCVT Intelligent Tuning
  • Algorithm: Untuk mencapai penyesuaian kecepatan variabel stepless tegangan, yang secara cerdas dapat menyesuaikan tegangan dan arus. Algoritmanya bisa akurat hingga 500mA, menjamin kinerja pengisian daya dan mengurangi daya yang terbuang.
  • VFC Trickle charging Algorithm: Untuk mengoptimalkan efisiensi pengisian daya 10% baterai terakhir (dari 90% hingga 100%). Pengisian daya trickle berarti mengisi daya baterai yang hampir terisi penuh dengan kecepatan rendah untuk melindungi baterai.
  • Kecepatan pengisian daya trickle dapat ditingkatkan hingga 200% dengan perlindungan algoritma ini.
    38 Levels of protection: realme telah menambahkan 38 langkah keamanan pada realme 11 untuk menjamin keamanan pengisian daya, mulai dari kepala charger, kabel data, antarmuka pengisian daya ponsel, sirkuit pengisian daya, hingga baterai.
  • 5.000 mAh massive battery and long battery life: siaga: 673 jam, panggilan telepon: 52 jam, YouTube: 21 jam, WhatsApp: 16 jam, Twitter: 10 jam, Spotify: 42 jam, TikTok: 15 jam, PUBG Mobile pada 40fps: 9,19 jam, model daya tahan baterai realme: 1,95 hari

Kesimpulan

Dibalik keterbatasannya yang hanya dapat beroperasi hingga jaringan 4G LTE, realme 11 nyatanya punya ruang penyimpanan yang luas dan performa gaming yang cukup baik di kelasnya.

Rasanya, cukup layak jika review realme 11 ini diakhiri dengan dua asumsi utama: ponsel ini membawa bagasi data yang luas dan performa yang cadas.

Advertisements

1 Comment
  1. […] 11 telah tersedia di seluruh Indonesia baik melalui platform online maupun offline, bersamaan dengan produk lainnya yang diluncurkan pada hari yang sama, yakni realme […]

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More