Ragam Fitur Samsung Neo QLED 8K

41

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, iTechMagz.id – Hanya satu pekan setelah peluncuran globalnya, Samsung Electronics Indonesia langsung mendaratkan televisi pintar (smart TV) terbarunya, Samsung Neo QLED 8K, ke tanah air.

Menyasar segmen premium, smart TV terbaru ini menjadi bukti bagi Samsung yang adaptif dengan gaya hidup masa kini. Pasalnya, beberapa hasil riset menunjukkan bahwa pengguna layanan Over The Top (OTT) di Indonesia semakin meningkat pascapandemi. Begitu pula dengan kemunculan platform streaming yang menyajikan beragam film dan serial. 

Maka dari itu, perusahaan teknologi asal Negeri Ginseng tersebut berupaya menghadirkan sensasi menonton bioskop di rumah melalui Samsung Neo QLED 8K. Lantas, apa saja fitur yang dibawa TV premium ini?

Prosesor

Pembaruan yang paling jelas terlihat pada fitur Samsung Neo QLED 8K ada pada ‘otak’ TV pintar ini yang menggunakan prosesor Neural Quantum Processor 8K. Dibandingkan pendahulunya, performa prosesor ini jauh lebih moncer.

Pasalnya, prosesor TV Samsung ini membawa 64 neural network, jumlah yang jauh lebih banyak ketimbang prosesor terdahulu yang hanya dibekali 22 neural network. Imbasnya, tentu pada kemampuan upscalling konten.

“Dengan jumlah piksel yang semakin banyak, tentu saja kualitas hasil upscalling jauh lebih bagus dari tahun sebelumnya. Kenapa harus 8K? Karena screen size lebih besar, maka resolusi layar yang dibutuhkan harus lebih besar juga untuk memperbesar ukuran PPI (pixel per inch),” ujar Ubay Bayanudin, Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia di Jakarta pada Senin (19/6/2023).

Layar

Bukan hanya prosesor saja yang diperbarui, layar Samsung Neo QLED 8K TV pun tak lepas dari peningkatan, yang kali ini memuat 33 juta piksel, atau empat kali lebih banyak daripada jumlah piksel yang ditanamkan di layar 4K. Masih pada sektor layar, Samsung juga menambahkan fitur 14-bit HDR contrast yang dipercaya sanggup menciptakan kontras yang tinggi dan saturasi warna yang lebih realistik.

“Fitur 14-bit HDR contrast ini yang membuat level contrastnya jauh lebih tinggi dari 10-bit maupun konvensional. Jika diperhatikan lebih rinci, ini (layar) punya shade gradation yang lebih tinggi, jadi coverage warnanya juga lebih tinggi,” Ubay menambahkan.

Di sisi lain, Samsung memperkaya algoritma AI dari Real Depth Enhancer Pro untuk meningkatkan kedalamannya, selayak mata manusia. Berkat fitur ini, efek 3D yang dirasakan oleh penonton akan jauh lebih realistis. Sedangkan fitur Auto HDR Remastering yang menggunakan teknologi AI berbasis deep learning, akan menganalisis konten SDR dan HDR, untuk kemudian meningkatkan kontras, warna, dan kecerahan pada konten SDR ke level HDR yang sesuai dengan kebiasaan menonton.

Satu hal yang tak kalah penting, pikselisasi warna pada Neo QLED 8K sendiri sudah divalidasi oleh Pantone, sebagai jaminan warna yang dihasilkan sangat akurat dan realistik.

Adsense

Fitur Samsung Neo QLED 8K

Keamanan dan Kenyamanan

Saat menonton tayangan secara maraton, misalnya drakor atau serial, Samsung Neo QLED 8K tetap memberikan keamanan dan kenyamanan kepada penontonnya melalui fitur Eye-Comfort Mode. Fitur Samsung Neo QLED 8K ini akan bekerja secara otomatis untuk menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan pencahayaan di lingkungan TV berada.

Indikator pengaturan pencahayaannya pun sangat mudah dipahami karena bekerja dengan memanfaatkan data cuaca, waktu matahari terbit dan terbenam di Indonesia. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat menonton tayangan dengan tingkat kecerahan yang sesuai.

Selain perlindungan mata, kenyamanan saat menonton melalui Samsung Neo QLED 8K juga ditambah dengan keberadaan fitur Anti Reflection yang mereduksi pantulan cahaya dari berbagai sudut manapun di ruangan.

Sedangkan bagi penonton yang sudah berkeluarga, fitur Multi View memungkinkan layar Samsung Neo QLED 8K untuk menayangkan hingga empat tayangan berbeda sekaligus dan dalam waktu yang bersamaan.

“Split-screen bisa sampai empat (tayangan). Tapi, pengguna hanya bisa menikmati dua konten audionya, masing-masing menggunakan Galaxy Buds. TWS yang lain juga kompatibel, tapi kami merekomendasikan Galaxy Buds agar lebih maksimal,” papar Ubay.

Audio

Beralih ke fitur audio, spesifikasi Samsung Neo QLED 8K dipersenjatai speaker multi-direction berteknologi Dolby Atmos dan fitur Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) guna menciptakan 3D surround sound yang dinamis. Hasilnya, suara yang dihasilkan seakan bergerak mengikuti adegan demi adegan.

Selain itu, ada pula fitur Q-Symphony 3.0 yang berfungsi untuk mengharmonisasikan suara yang dikeluarkan speaker TV dengan Samsung Soundbar HW-Q990C. Kombinasi ini akan membuat sound film yang sedang ditonton terasa powerful. Tapi perlu diingat, perangkat soundbar-nya dijual secara terpisah.

Meskipun punya segudang kemampuan hebat, namun konsumsi listrik Samsung Neo QLED 8K terbilang irit, yakni mulai dari 140 Watt saja, tergantung ukuran TV yang digunakan.

Advertisements

1 Comment
  1. […] perusahaan teknologi terkemuka, Samsung menghadirkan TV berlayar lebih besar dengan pengalaman menonton yang imersif. Seberapa besar pun […]

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More