Realisasikan Inovasi Digital, PT Jasa Raharja Sabet Tiga Penghargaan Digitech Award 2023

458

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itechmagz.id – PT Jasa Raharja berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi Digitech Award 2023 yang diselenggarakan Majalah Itech, Rabu (29/03/2023) di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan.

Dalam penghargaan ini, PT Jasa Raharja memborong tiga penghargaan sekaligus untuk kategori The Best IT Governance & The Best Digital Workplace, The Best Digital Transformation, The Best Chief Information Technology Officer of The Year  yang diraih oleh Direktur Manajemen Resiko dan Teknologi Informasi PT Jasa Raharja, Amos Sampetoding.

PT Jasa Rahaja sebagai bagian dari BUMN asuransi berkomitmen untuk terus melakukan transformasi digital. Transformasi digital dan inovasi yang dilakukan tersebut mampu meningkatkan kinerja perusahaan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang cepat dan masif.

Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) PT Jasa Raharja, Dwi Sasono memaparkan dalam presentasinya saat penjurian Digital Technology & Innovation Award 2023, pada Selasa (14/03/23) bahwa Jasa Raharja terus melakukan upaya transformasi digital untuk menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat saat ini dan salah satu keberhasilan Jasa Raharja mempertahankan eksistensi dalam industri asuransi nasional, adalah dengan terus berupaya menghadirkan berbagai terobosan inovasi digital.

“Digitalisasi proses bisnis adalah salah satu concern kami dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” ungkap Dwi.

Perusahaan yang memiliki visi “Menjadi Perusahaan Terpercaya dalam Memberikan Perlindungan Dasar Terhadap Risiko Kecelakaan dan Pelayanan yang Terbaik” ini telah meluncurkan beragam aplikasi untuk mendukung transformasi dan inovasi digital perusahan. Salah satunya, JR Care yang menjadi tanda transformsi digital dalam pembayaran pembiayaan di rumah sakit.

Tak hanya itu, Jasa Raharja juga memiliki Aplikasi JRku. Aplikasi ini memberikan informasi dan kemudahan layanan bagi masyarakat yang mengalami kecelakaan alat angkutan umum dan lalu lintas jalan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964.

Adsense

Aplikasi JRku juga sudah bekerja sama dengan instansi lain, seperti Korlantas Polri dalam sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Melalui kerja sama tersebut, pelanggaran lalu lintas dapat terpantau oleh sistem ETLE. Informasi pelanggaran dan notifikasinya pun dapat dilihat secara real-time melalui aplikasi JRku.

Selain itu, aplikasi JRku juga dapat digunakan untuk beberapa aktivitas lain. Aktivitas ini meliputi memberikan santunan online, mengetahui kondisi lalu lintas melalui fitur Jalanku, melakukan pembayaran program perlindungan kendaraan umum, dan mengecek Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ). Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengecek jaminan keamanan pembayaran secara online, uang elektronik dengan fitur Finpay Mobile, dan kendaraan user yang terintegrasi dengan sistem ETLE.

“Dari sisi pelayanan secara teknologi yang kita terapkan ini, semuanya sudah terintegrasi. Jasa Raharja juga memiliki sistem DASI-JR atau Data Korporasi Jasa Raharja (DASI-JR) yang bisa menghimpun ribuan kasus kecelakaan lalu lintas atas pelaporan bekerja sama dengan aparat kepolisian dari 17 kabupaten/kota di daerah setempat,” ungkap Dwi.

Dengan transformasi digital tersebut, kinerja pelayanan Jasa Raharja semakin tepat dan cepat. Peningkatan kinerja layanan tersebut, tentu tak lepas dari komitmen perusahaan dalam mengembangkan infrastruktur teknologi dibarengi dengan integrasi antar lembaga yang membawa dampak positif bagi kinerja perusahaan. Hal tersebut dapat dilihat dari efektivitas waktu dalam merespos setiap peristiwa di lapangan, khususnya terkait peristiwa kecelakaan.

Selain itu, untuk mitigasi kecelakaan di jalan, Jasa Raharja juga telah melakukan inovasi melalui teknologi dengan memasang titik kecelakan di layanan google maps.

Sebagai informasi, Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2023 hadir menjadi ajang apresiasi dan pengakuan berharga kepada instansi pemerintahan maupun korporasi bisnis di Indonesia yang dinilai berhasil dalam hal inovasi digital, implementasi teknologi baik di sistem managemen maupun layanan pelanggan dalam mendukung visi pemerintah untuk melakukan percepatan transformasi digital nasional.

“Hadirnya ajang ini menjadi bukti bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah siap bersaing berkat transformasi digital. Ini diharapkan bisa mendorong perusahaan lainnya bisa ikut mencontoh tidak hanya proses bisnis, tapi, juga portofolio, hingga mindset memanfaatkan teknologi,” ungkap Ketua Penyelenggara Digital Technology and Innovation Award 2023 Irnanda Laksanawan.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More