Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara, Transformasi Digital PLN Terus Dikembangkan
Itechmagz.id – Sesuai visi “Menjadi perusahaan listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan #1 pilihan pelanggan untuk solusi energi”, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), terus meningkatkan transformasi digital. Ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan berpegang pada customer focused serta untuk memberikan layanan terbaik.
“Untuk mengakselerasi tercapainya visi PLN, maka ditetapkan 4 strategic goals yang berperan sebagai pilar dari program transformasi dengan peran technology advancement sebagai enabler”, kata VP Digitalisasi Beyond KWH dan Probis Internal PT PLN, M. Fahrur Rozy pada Penjurian Digitech Award 2023 yang dilakukan secara daring pada Jum’at (24/03/2023).
Rozy menjelaskan, adapun empat strtageic goals tersebut yaitu; Pertama Green, yaitu memimpin transisi energi Indonesia melalui peningkatan energi terbarukan (EBT) secara pesat dan efisien. Kedua Lean, yaitu menyediakan tenaga listrik yang lean, andal,dan berbiaya termurah untuk perumahan, bisnis dan industri. Ketiga Innovative, menstimulasi pertumbuhan melalui model bisnis dan layanan yang inovatif. Dan keempat Customer Focused, yaitu memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui kualitas dan layanan kelas dunia.

Dalam program transformasi, perusahaan yang memiliki total pegawai 51.477 di tahun 2022 itu telah menginisiasi 29 project breakthrough yang melingkupi seluruh lini bisnis. Kemudian dari 29 project breakthrough tersebut, 21 di antaranya adalah berupa terobosan digital (digital breakthrough).
21 terobosan digital tersebut yaitu; Digital Power Plant, Digital Procurement, Digitally Enabled, Distribution Excellence, Dispatch Optimization, Investment Prioritization, Optimize Primary Energy, Anti Blackout, Advance Metering Infrastructure, Centralized Planning, Material Return and Warehouse Inventory and Integrated Supply Chain Excellence. Itu yang masuk dalam strategic goals Lean.
Selanjutnya Launch Green Boosters (strategic goals green). Dalam hal Innovative, PLN telah melakukan terobosan; Billing & Collect on Optimization, Fiber Optics Rollout, Electric Vehicles Infrastructure dan Captive Power. Dan Customer Focus meliputi PLN Mobile Relaunch and Outage Management & Yantek Optimization. Kemudian yang masuk dalam terobosan digital Strategic Enabler berupa Digitally Enabled Execution Machine, Digitalization of Centralized Payment dan Local Content (TKDN).
“PLN memiliki lini bisnis yang luas dari pembangkit sampai retail dan beyond kWh. Untuk itu, PLN selalu memerlukan terobosan dalam mewujudkan visi di setiap lini bisnisnya”, tegas Rozy.
Dari sisi aplikasi mobile, The New PLN Mobile telah bertransformasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan berpegang pada customer focused untuk memberikan layanan terbaik. Saat ini The New PLN Mobile telah dipercaya masyarakat menjadi kanal pelaporan yang fast and reliable, dan mampu menggeser kanal call center yang sebelumnya menjadi tumpuan utama laporan masyarakat. Pelayanan yang cepat dan Responsif Membuat Kepercayaan Masyarakat Meningkat Untuk Menggunakan PLN Mobile.
Dampak Positif Transformasi
Melalui transformasi layanan yang mengedepankan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, proses bisnis diubah. Yang sebelumnya masih manual, kompleks, lambat, terfragmentasi, berbelit, tidak termonitor dan kurang terkontrol, kini diubah menjadi berbasis digital.
Hasilnya, layanan PLN kepada pelanggan kini menjadi lebih sederhana, cepat, terintegrasi, mudah, dan dapat dimonitor serta dikontrol secara real-time. Ujung tombak dari pelayanan terbaik berada pada petugas Yantek di lapangan.
Comments are closed.