Apple Selesaikan Gugatan dengan Pengembang atas Penolakan dan Penipuan App Store

100

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Gugatan pengembang aplikasi atas penolakan, penipuan, dan penipuan App Store telah berakhir dengan kesepakatan penyelesaian setelah pengajuan pengadilan menunjukkan permintaan untuk menolak gugatan awal musim panas ini seperti yang dilansir dari techcrunch.com pada Jumat (02/09).

Penggugat, pengembang aplikasi dan mantan insinyur Pinterest Kosta Eleftheriou, membuat nama untuk dirinya sendiri dalam beberapa bulan terakhir menyebut beberapa penipuan App Store yang paling mengejutkan. Ini kemudian memuncak dalam gugatannya sendiri terhadap Apple, diajukan di Pengadilan Tinggi California di Santa Clara County pada Maret 2021, di mana ia menuduh aplikasinya sendiri telah ditolak secara tidak adil dari App Store dan kemudian menjadi sasaran scammers, yang menyebabkan hilangnya pendapatan.

Kasus ini telah menjadi contoh utama ketidakpuasan pengembang dengan bisnis App Store Apple. Banyak pengembang menjadi tidak puas tidak hanya dengan persyaratan untuk membayar komisi Apple atas penjualan mereka sendiri, tetapi juga bagaimana model App Store itu sendiri memberi insentif kepada penipu untuk mencuri dan mengambil untung dari pekerjaan pengembang yang sah. Tetapi hanya sedikit yang membawa masalah ini ke pengadilan, seperti yang telah dilakukan Eleftheriou.

Keluhannya menuduh bahwa Apple tidak hanya menolak aplikasi keyboard FlickType Apple Watch dari App Store, tetapi juga menyetujui aplikasi keyboard pesaing dan lainnya yang menggunakan versi terintegrasi keyboard FlickType untuk dipublikasikan ke App Store.

Selain itu, ketika aplikasi keyboard diizinkan untuk masuk kembali ke App Store, kesuksesan awalnya menjadikannya target scammers App Store yang meluncurkan pesaing yang kurang bermanfaat yang didorong oleh peringkat dan ulasan palsu.

Akibatnya, pendapatan FlickType sendiri turun dari $ 130.000 di bulan pertama menjadi hanya $ 20.000 karena konsumen memilih alternatif “berperingkat lebih baik”, kata pengembang.

Adsense

Menyusul pengajuan kasus tahun lalu, kedua pihak berpartisipasi dalam panggilan pengadilan dengan seorang hakim, menurut dokumen pengadilan, termasuk baru-baru ini pada musim semi ini. Permintaan pembatalan gugatan itu kemudian diajukan pada 21 Juli 2022, setelah Apple dan Kpaw (bisnis Eleftheriou) mencapai kesepakatan.

Eleftheriou tidak dapat mengomentari persyaratan penyelesaian. Apple juga tidak dapat mengomentari pemecatan itu.

Namun, sulit untuk membayangkan pengembang akan setuju untuk mengabaikan kasus ini jika persyaratannya setidaknya tidak sesuai, mengingat kritiknya yang terus-menerus terhadap bisnis App Store Apple dan kesulitan yang dihadapi pengembang.
Baru-baru ini, FTC menyoroti ulasan App Store palsu sebagai bagian dari tindakan yang lebih besar terhadap platform penyewaan Roomster, dalam gugatannya yang diajukan minggu ini – sebuah indikasi bahwa jika Apple tidak mengambil tindakan, itu akan terjadi.
Meskipun ulasan App Store terus menjadi masalah, Apple telah membuat beberapa konsesi terkait dengan kebutuhan pengembang sejak gugatan Eleftheriou diajukan.

Musim gugur yang lalu, Apple membawa kembali tombol “Laporkan Masalah” di App Store, yang mengundang publik untuk membantunya memerangi aplikasi yang melakukan penipuan. Itu juga memperbarui Pedoman App Store pada bulan Juni tahun lalu untuk menindak penipuan dan penipuan dengan berjanji untuk menghapus scammers dari Program Pengembang Apple.

Sementara menyelesaikan tuntutan hukum yang lebih kecil seperti Eleftheriou mungkin rutin untuk perusahaan seukuran Apple, perhatian yang mereka terima tidak hanya di antara pengembang tetapi juga di komunitas konsumen Apple yang lebih luas bukanlah sesuatu yang mungkin ingin dikelola Apple saat ini. Perusahaan secara khusus ingin menghindari persepsi publik yang negatif tentang bisnisnya pada saat Departemen Kehakiman AS sedang dalam tahap awal mengajukan gugatan antimonopoli yang menargetkan Apple. (DAF)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More