Rencana Nokia Luncurkan Jaringan Internet 6G Pada 2030

331

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech-  Nokia Rencanakan jaringan 6G pada tahun 2030, hal ini disampaikan  CEO Nokia Pekka Lundmark mengharapkan jaringan seluler 6G akan beroperasi pada akhir dekade ini yang mengatakan pada sebuah panel di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss

Namun pada saat itu tiba, 6G belum akan digunakan di smartphone. Berkantor pusat di Finlandia, Nokia membangun jaringan telekomunikasi yang memungkinkan ponsel dan perangkat lain yang mendukung internet untuk berkomunikasi satu sama lain.

Ditanya kapan, dia berpikir dunia akan beralih dari menggunakan smartphone ke menggunakan kacamata pintar dan perangkat lain yang dikenakan di wajah, Lundmark mengatakan itu akan terjadi sebelum 6G tiba.

“Pada saat itu, pasti smartphone seperti yang kita kenal sekarang tidak akan lagi menjadi antarmuka yang paling umum,” katanya, dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (24/5/2022).

“Banyak dari hal-hal ini akan dibangun langsung ke dalam tubuh kita.” imbuhnya.

Dia tidak merinci dengan tepat apa yang dia maksud, tetapi beberapa perusahaan, seperti Neuralink milik Elon Musk, sedang bekerja untuk memproduksi perangkat elektronik yang dapat ditanamkan ke dalam otak dan digunakan untuk komunikasi dengan mesin dan orang lain.

Di tempat lain, raksasa teknologi AS seperti Meta, Google dan Microsoft sedang mengerjakan headset augmented reality baru yang suatu hari nanti bisa menggantikan smartphone.

Adsense

Berbicara di panel yang sama, CFO Google Ruth Porat mengatakan “kami percaya bahwa salah satu keuntungan besar dari augmented reality sebenarnya adalah memecahkan masalah di Bumi.”

“Ini akan menjadi hal-hal seperti memiliki kacamata dan mampu menerjemahkan saat Anda berbicara dengan kacamata,” tambahnya.

Google sebelumnya meluncurkan headset AR yang disebut Google Glass tetapi akhirnya menariknya setelah perangkat gagal mendapatkan daya tarik.

Para pemimpin teknologi juga membahas peluang dan tantangan yang dihadirkan metaverse.

Pada tahun 2030, Lundmark mengatakan dia yakin akan ada kembaran digital yang akan membutuhkan sumber daya komputasi yang besar.

“Untuk mentransmisikan semua bit komputer yang dibutuhkan metaverse, jaringan harus setidaknya 100 kali atau bahkan 1.000 kali lebih cepat daripada sekarang.” pungkas Lundmark. (af)

Baca juga :  Realme Narzo 50 5G, 9i, Smart TV Stick Dan Buds Q2s Tersedia

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More