Dukung Produksi Minyak,Pertamina Patra Niaga Andalkan Smooth Fluid

92

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech – PT Pertamina Patra Niaga telah memperkenalkan produk smooth fluid (SF) untuk mendukung target pencapaian produksi minyak 1 juta BOPD dan gas 12 BSCFD sesuai yang ditetapkan pemerintah.

VP Petrochemical Industry Business Pertamina Patra Niaga Oos Kosasih menegaskan, dengan peluncuran produk yang lebih ramah lingkungan dan cost efisiensi yang lebih baik menunjukkan bahwa pihaknya sangat mendukung target pemerintah tersebut.

“Kami terus berupaya melakukan kontinuitas inovasi terkait SF karena industri drilling yang memerlukan teknologi tinggi. Kemudian memerlukan tekanan yang tinggi sehingga kita perlu banyak inovasi. Salah satunya kami juga meluncurkan yang kami namakan smooth fluid 04, itu yang ada di Cilacap dan juga smooth fluid yang ada di Dumai,” terangnya dalam Drilling Summit Tahun 2022, Kamis (24/3).

Baca Juga : Aksi Nyata Pertamina Dukung G20 Lewat 8 Inisiatif untuk Transisi Energi

Dia menjelaskan, selama ini produk SF dari Pertamina Patra Niaga telah dipakai hampir di 70% Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang ada di Indonesia.

Adsense

“Di PT Pertamina Hulu Energi di Mahakam, di PT Pertamina Hulu Energi di Kalimantan Timur. Kemudian ada juga beberapa K3S lainnya, termasuk kita pernah melakukan ekspor ke Aljazair, ke Pertamina Internasional EP di Aljazair,” ungkapnya.

Diketahui SF cairan fluida yang terbuat dari fraksi minyak dan digunakan dalam kegiatan pengeboran. Menurut Oos, SF digunakan sebagai salah satu campuran untuk lumpur pengeboran.

“Kami mengharapkan pada SKK Migas dan rekan di KKKS untuk tidak ragu-ragu menggunakan produk ini. Ini sangat ramah lingkungan, adaptif terhadap teknologi, dan tentu saja menggunakan SF 05, 04, 03, 02 akan menurunkan tingkat cost dalam hal pengeboran sehingga ini menunjukkan efisiensi di pengeboran akan semakin jauh membaik dari sebelumnya,” pungkas Oos.

(TN)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More