PLN Bersiap Konversi Kompor LPG ke Kompor Induksi

81

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) siap mengkampanyekan dan mensukseskan program unggulan pemerintah yaitu pengalihan kompor berbasis energi import (LPG) ke kompor berbasis energi domestik (kompor listrik) atau yang lebih dikenal kompor induksi, sebagai solusi menekan impor dan memperbaiki neraca perdagangan.

Konversi energi dari LPG ke listrik melalui kompor induksi ini memiliki tujuan yaitu untuk menghemat biaya impor LPG yang tiap tahun terus membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Dengan beralih dari kompor LPG ke penggunaan kompor induksi,PLN berkontribusi pada upaya pemerintah membangun kemandirian energi, sekaligus menghemat APBN.

Salah satu bentuk dukungan dari PLN adalah adanya program promo yang sedang berjalan yaitu PLN memberikan harga khusus tambah daya hanya sebesar Rp 150.000 melalui program Nyaman Kompor Induksi 2022 bagi pelanggan yang membeli kompor induksi melalui partner yang memiliki kerjasama dengan PLN.

Baca Juga : PLN Bangun 36 PLTS Atap di Bali Guna Dukung G20

“Program promo ini berlaku dari tahun 2021 hingga maret 2022 dan di harapkan dapat membantu mendukung mengkampanyekan program unggulan pemerintah yaitu peralihan kompor LPG ke kompor induksi” jelas Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan UP3 Karawang, Witri Yunita .

Adsense

Dari sisi penggunaan, kompor induksi juga lebih murah dibandingkan dengan kompor LPG. Hasil uji coba menunjukan untuk memasak air sebanyak 1 liter dengan daya kompor induksi 1200 watt sebesar Rp 158, sementara dengan kompor elpiji tabung 12 kilogram sekitar Rp 176. Sehingga dengan pola memasak rata-rata masyarakat di Indonesia, terjadi penghematan Rp 28.500,- dari biaya memasak setiap bulan.

Selain itu, kompor induksi relative lebih aman hal ini disebabkan tanpa menggunakan api dan dapat diatur fitur timer dalam memasak sehingga meminimalisir terjadinya kebakaran. Selain itu panas yang dihasilkan dari kompor induksi lebih merata sehingga memasak dengan kompor induksi dapat lebih cepat, efisien dan matang sempurna dan tentunya ramah lingkungan.

Memasak menggunakan kompor induksi dewasa ini sudah menjadi lifestyle modern dikarenakan bentuk dari kompor induksi yang stylish dan ramping dan juga masak menggunakan kompor induksi akan lebih bersih dengan asap yang dihasilkan.

Kompor induksi sebagai jawaban kehidupan di era 4.0 dan semakin berkembangnya zaman dan teknologi, penggunaan peralatan dan kendaraan yang menggunakan energi listrik tidak dapat dielakan lagi. Sebagaimana moto PLN yaitu Listrik untuk kehidupan yang Lebih Baik.

(TN)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More