Daftar Pemenang HSE Indonesia Award 2023

446

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, iTechMagz.id – Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pegawai adalah faktor vital dalam sebuah perusahaan. Pasalnya, para pegawai merupakan ujung tombak perusahaan yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah industri.

Adsense
Sebagai bentuk apresiasi terhadap perusahaan yang konsisten menjalankan K3, HSE Magazine memberikan pengharagaan kepada 26 perusahaan dari lintas industri di Tanah Air lewat ajang HSE Indonesia Award (HSEIA) yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat lalu (16/6/2023). 

 

Berbagai industri yang mengikuti HSEIA 2023 antara lain datang dari sektor transportasi, minyak bumi dan gas (migas), konstruksi, galangan kapal dan shipyard, real estate, F & B, pertambangan, manufaktur, energy services, dan masih banyak lagi.

 

Dari 26 perusahaan itu, tiga perusahaan menorehkan nilai tertinggi dan berhak mendapat penghargaan sebagai The Greatest Company Concerned HSE of the Year. Ketiganya adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Pama Persada Nusantara, dan PT Total Bangun Persada. Dalam ajang HSEIA 2023, ketiganya mendapat 4 penghargaan sekaligus terbanyak dibanding perusahaan lainnya.

 

Rupanya, inisiatif HSE Magazine mendapatkan atensi dari Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI Sandry N Pasambuna yang mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh pegawai KAI.

 

“Kami ucapkan terima kasih kepada HSE Magazine atas apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan kepada KAI. Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh pegawai KAI dan KAI Group yang telah gigih berjuang bersinergi membangun budaya keselamatan kereta api serta mendukung visi perusahaan menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” kata Sandry.

 

Di sisi lain, lanjut Sandry, penghargaan ini akan dijadikan sebagai motivasi bagi KAI untuk meningkatkan layanan kepada para pelanggan setia KAI, terutama dalam aspek keamanan dan kenyamanan.

 

“Bisnis transportasi sesungguhnya adalah bisnis keselamatan, KAI sebagai The living legend company menaruh perhatian yang  sangat tinggi pada faktor Health, safety & Environment sebagai elemen yang tak terpisahkan dalam penyelenggaraan perkeretaapian modern. penghargaan ini juga  akan semakin memacu KAI untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” Sandry menambahkan.

 

Secara terpisah Ari Sutrisno selaku Direktur Human Capital, SHE & SRGS mengatakan bahwa penghargaan yang diperoleh bukan sebagai akhir dari perjuangan perusahaan dalam membudayakan K3, melainkan jadi pemacu untuk meningkatkan layanan di sektor tersebut.

 

“Sebelumnya saya mengucapkan selamat atas penyelenggaraan HSE Indonesia Award 2023 yang terselenggara dengan baik. Dan kami juga menghaturkan Terimakasih dan appresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan dewan juri atas kepercayaan yang diberikan kepada PT Pamapersada Nusantara yang meraih 4 penghargaan di ajang tersebut,” kata Ari.

 

“Penghargaan ini tentu menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk berbenah dan terus meningkatkan kinerja pengelolaan HSE. Berbagai masukan dewan juri sangat baik sebagai pembelajaran untuk terus lebih baik di masa mendatang. Kami yakin ajang HSEIA merupakan salah satu kontribusi penting seluruh stakeholder dalam turut mewujudkan indonesia berbudaya K3,” sambung Ari.

HSE Indonesia Awards 2023

Bersama Membangun Budaya K3

 

Di sisi lain, Wakil Ketua Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) sekaligus Ketua Dewan Juri HSEIA 2023 Prof Dra Fatma Lestari, MSc, PhD sangat mengapresiasi gelaran HSEIA. Ia menilai, ajang ini merupakan salah satu contoh nyata dalam memperjuangkan implementasi K3 di seluruh sektor industri di Indonesia.

 

“Menurut saya, memperjuangkan K3 harus dilakukan bersama-sama. Partisipasi seluruh industri, instansi, dan semua pihak terkait, harus terus didorong untuk meningkatkan implementasi K3 di Indonesia,” kata Prof Fatma Lestari.

 

Menanggapi hal ini, Ketua Penyelenggara HSEIA 2023 Irnanda Laksanawan menempatkan HSEIA 2023 sebagai ajang penghargaan yang diberikan kepada mereka yang selama ini mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan di perusahaannya masing-masing (baik secara corporate) maupun secara individual yaitu bagi mereka yang selama ini mendedikasikan dirinya bagi kemajuan K3 Nasional.

 

“Diselenggarakan oleh PT Media Madani Ultima (MMU) bekerjasama dengan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N), dengan tujuan mendorong para pelaku industri di Indonesia untuk mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan demi terciptanya budaya K3 di Indonesia,” kata Irnanda.

 

Irnanda juga melihat adanya keselarasan tema SAFETY EXCELLENCE FOR BUSINESS SUSTAINABILITY pada HSIA 2023 dengan Bulan K3 Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah.

 

“Tema ini disesuaikan dengan tema Bulan K3 Nasional 2023 yang dicanangkan pemerintah yaitu Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di setiap Tempat Kerja,” pungkasnya.

 

Berikut ini daftar lengkap pemenang HSE Indonesia Award 2023:
PEMENANG HSE INDONESIA AWARD (HSEIA) 2023 
5 STAR DIAMOND
  1. PT KERETA API INDONESIA (PERSERO)
  2. PT PAMAPERSADA NUSANTARA
  3. PT TOTAL BANGUN PERSADA TBK
  4. PT PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG
  5. PT UNILEVER INDONESIA TBK
  6. PT PETROSEA TBK
  7. PT INTI KARYA PERSADA TEHNIK
4 STAR GOLD
  1. PT NINDYA KARYA
  2. PT HUTAMA KARYA
  3. PT PERTAMINA TRANS KONTINENTAL
  4. PT KILANG PERTAMINA INTERNASIONAL RU II DUMAI
  5. PT KILANG PERTAMINA INTERNASIONAL RU V BALIKPAPAN
  6. PT KILANG PERTAMINA INTERNASIONAL RU III PLAJU
  7. PT PUPUK INDONESIA UTILITAS
  8. PT PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PELNI)
  9. PT AEON MALL INDONESIA
  10. PT TORISHIMA GUNA INDONESIA
  11. PT DOK PANTAI LAMONGAN
  12. PT ADILUHUNG SARANASEGARA INDONESIA
  13. PT COGINDO DAYABERSAMA
  14. PT CITRA SHIPYARD
3 STAR SILVER
  1. PT AMARTA KARYA (PERSERO)
  2. PT WARUNA SHIPYARD INDONESIA
  3. PT DUMAS TANJUNG PERAK SHIPYARDS
  4. PT DOKINDO AIMAS PAPUA
  5. PT TRANSPORTASI JAKARTA
Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More