Itechmagz – Sesuai visi “Menjadi perusahaan listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan #1 pilihan pelanggan untuk solusi energi”, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), terus meningkatkan transformasi digital. Ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan berpegang pada customer focused serta untuk memberikan layanan terbaik.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN telah bertransformasi sejak tiga tahun terakhir dengan melakukan inovasi serta efisiensi dengan menjadikan digitalisasi sebagai pondasinya. PLN melakukan transformasi digital yang mencakup berbagai aspek, mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem perencanaan, sistem keuangan, sistem pembayaran, sistem pengadaan, hingga ke sistem pelayanan pelanggan.
“PLN menata proses bisnis lewat digitalisasi dari yang semula berserak, terfragmentasi, menjadi terkonsolidasi dan terintegrasi. Dari yang serba manual menjadi terdigitalisasi. Hal ini juga membuat PLN dapat mencetak kinerja perusahaan terbaik,” kata Darmawan.
Menurutnya, apa yang dilakukannya sebagai pemimpin sebuah perusahaan BUMN hanya sebagai perwakilan Pemerintah yang juga sudah bekerja keras. “Transformasi yang dilakukan PLN merupakan buah dari arahan dan bimbingan yang diberikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir,” ujar dia.
Sinergi BUMN, PLN Luncurkan Website www.pakaimolis.co.id
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan di era digital saat ini, masyarakat tak perlu khawatir untuk mendapatkan informasi tentang Molis (motor dan mobil listrik). PLN yang ditunjuk Kementerian BUMN telah menyediakan website tentang perkembangan Molis lengkap dengan kalkulator penghematan untuk masyarakat yang ingin beralih ke Molis.
“Cukup akses www.pakaimolis.co.id dari smartphone maupun laptop, masyarakat bisa langsung tahu semua info terkait pengembangan Molis. Dalam website juga ada fitur kalkulator penghematan untuk menghitung efisiensi beralih ke kendaraan listrik, juga fitur kuis singkat untuk membantu masyarakat memahami syarat-syarat bantuan Rp 7 juta untuk pembelian atau konversi Molis,” kata Darmawan.
Darmawan juga menyebutkan berbagai keuntungan apabila masyarakat beralih menggunakan Molis, yang paling mencolok adalah penghematan biaya bahan bakar sampai 80%. Karena Molis yang ada saat ini punya baterai lebih awet dan pengisiannya jauh lebih ekonomis.
“Jadi yang pertama pasti hemat hampir 80 persen, kemudian teknologi lebih modern, lebih ramah lingkungan, polusi suara dan udara bisa dikurangi. Selain itu, masyarakat juga dapat dukungan pemerintah melalui skema bantuan pembiayaan untuk beralih ke Molis ini,” ujarnya.
Transformasi Digital PLN
Dalam Penjurian Digitech Award 2023 (24/03/2023), VP Digitalisasi Beyond KWH dan Probis Internal PT PLN, M. Fahrur Rozy menjelaskan, untuk mengakselerasi tercapainya visi PLN, maka ditetapkan 4 strategic goals yang berperan sebagai pilar dari program transformasi dengan peran technology advancement sebagai enabler.
Adapun empat strtageic goals tersebut yaitu; Pertama Green, yaitu memimpin transisi energi Indonesia melalui peningkatan energi terbarukan (EBT) secara pesat dan efisien. Kedua Lean, yaitu menyediakan tenaga listrik yang lean, andal,dan berbiaya termurah untuk perumahan, bisnis dan industri. Ketiga Innovative, menstimulasi pertumbuhan melalui model bisnis dan layanan yang inovatif. Dan keempat Customer Focused, yaitu memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui kualitas dan layanan kelas dunia.
Dalam program transformasi, perusahaan yang memiliki total pegawai 51.477 di tahun 2022 itu telah menginisiasi 29 project breakthrough yang melingkupi seluruh lini bisnis. Kemudian dari 29 project breakthrough tersebut, 21 di antaranya adalah berupa terobosan digital (digital breakthrough).
21 terobosan digital tersebut yaitu; Digital Power Plant, Digital Procurement, Digitally Enabled, Distribution Excellence, Dispatch Optimization, Investment Prioritization, Optimize Primary Energy, Anti Blackout, Advance Metering Infrastructure, Centralized Planning, Material Return and Warehouse Inventory and Integrated Supply Chain Excellence. Itu yang masuk dalam strategic goals Lean.
Selanjutnya Launch Green Boosters (strategic goals green). Dalam hal Innovative, PLN telah melakukan terobosan; Billing & Collect on Optimization, Fiber Optics Rollout, Electric Vehicles Infrastructure dan Captive Power. Dan Customer Focus meliputi PLN Mobile Relaunch and Outage Management & Yantek Optimization. Kemudian yang masuk dalam terobosan digital Strategic Enabler berupa Digitally Enabled Execution Machine, Digitalization of Centralized Payment dan Local Content (TKDN).
“PLN memiliki lini bisnis yang luas dari pembangkit sampai retail dan beyond kWh. Untuk itu, PLN selalu memerlukan terobosan dalam mewujudkan visi di setiap lini bisnisnya”, tegas Rozy.
Dari sisi aplikasi mobile, The New PLN Mobile telah bertransformasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan berpegang pada customer focused untuk memberikan layanan terbaik. Saat ini The New PLN Mobile telah dipercaya masyarakat menjadi kanal pelaporan yang fast and reliable, dan mampu menggeser kanal call center yang sebelumnya menjadi tumpuan utama laporan masyarakat. Pelayanan yang cepat dan Responsif Membuat Kepercayaan Masyarakat Meningkat Untuk Menggunakan PLN Mobile.
Dampak Positif Transformasi
Melalui transformasi layanan yang mengedepankan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, proses bisnis diubah. Yang sebelumnya masih manual, kompleks, lambat, terfragmentasi, berbelit, tidak termonitor dan kurang terkontrol, kini diubah menjadi berbasis digital.
Hasilnya, layanan PLN kepada pelanggan kini menjadi lebih sederhana, cepat, terintegrasi, mudah, dan dapat dimonitor serta dikontrol secara real-time. Ujung tombak dari pelayanan terbaik berada pada petugas Yantek di lapangan.
PLN Siap Dukung Ekosistem Molis Tumbuh Subur di Tanah Air
PT PLN (Persero) terus berupaya mewujudkan ekosistem Molis (Mobil dan Motor Listrik) tumbuh subur di tanah air. Upaya ini diwujudkan dengan terus membangun infrastruktur pendukung kendaraan berbasis listrik, seperti penyediaan home charging, Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).
Berbagai infrastruktur ini ditampilkan PLN pada gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS), 17-21 Mei 2023 di Jakarta. Agenda ini sukses digelar dan bahkan mampu menarik puluhan ribu pengunjung dan mencatatkan transaksi hingga Rp 289 miliar.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan PLN akan senantiasa membuka pintu kolaborasi untuk bersama-sama membangun ekosistem kendaraan listrik yang kokoh, produktif dan berdaya saing.
“Tak lain tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih guna mencapai tujuan NZE 2060. PEVS 2023 juga membuktikan bagaimana Molis memberikan banyak manfaat ekonomis bagi penggunanya dan membantu mewujudkan kedaulatan energi nasional,” kata Darmawan.
Darmawan memberikan gambaran perbandingan biaya menggunakan kendaraan listrik dengan kendaraan BBM. Untuk jarak tempuh 10 km mobil dan 50 km motor listrik membutuhkan daya sebesar 1,2 kWh, equivalen dengan 1 liter BBM. Dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp 1.699,53 per kWh, maka hanya diperlukan biaya bahan bakar sekitar Rp 2.500. sedangkan untuk jarak yang sama menggunakan mobil BBM biayanya bisa mencapai Rp 13.000.
“Artinya menggunakan kendaraan listrik hari ini, sudah bisa mengurangi 75 persen biaya operasional,” jelas Darmawan.
PLN Borong Empat Penghargaan Digitech Award 2023
Sejalan dengan visi pemerintah untuk melakukan percepatan transformasi digital nasional, Majalah ITech mengadakan Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2023 yang diadakan di Hotel Mulia Jakarta pada Rabu (29/3/2023).
Dalam ajang penghargaan ini, PT PLN (Persero) berhasil memborong 4 kategori penghargaan. Penghargaan yang diterima PT PLN (Persero) diantaranya The Best IT Governance & The Best Digital Workplace 2023, The Best IT Leadership 2023, The Best CEO For Corporate Digital Transformation Of The Year 2023 yang diterima oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, serta The Greatest Champions Of Digital Transformation & Innovation Of The Year 2023.
PLN dinilai layak mendapatkan penghargaan atas transformasi digital yang sudah dilaluinya. PLN terus melakukan inovasi dan transformasi di tengah industri 4.0.
Comments are closed.