Teknologi Informasi Berperan Dalam Mendorong Manajemen Intelijen Bisnis
Jakarta, Itechmagz.id — Ledakan informasi dewasa ini mempengaruhi kegiatan operasi manajemen, khususnya dalam perkembangan industri bisnis. Biasanya menggunakan pendekatan proses berbasis teknologi untuk membuat perencanaan dan keputusan strategis.
Pertumbuhan bisnis yang makin pesat menyebabkan banyak orang ingin mengembangkan bisnisnya sendiri. Maraknya era digital menunjukkan bertambahnya pelaku bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi modern dalam mempertahankan strategi bisnis.
Dibutuhkannya konsep dalam mengatur data menjadi sebuah informasi yang berguna untuk mendukung penyampaian suatu informasi. Teknologi informasi dalam proses manajemen bisnis dimanfaatkan sebagai media utama dalam penyampaian informasi.
Secara umum, business intelligence menjelaskan mengenai konsep dan metode untuk meningkatkan kualitas keputusan bisnis berdasarkan sistem berbasis data. Hal ini juga pengaruh dari pesatnya pertumbuhan internet yang menjadi latar belakang perubahan strategi bisnis tradisional menuju digital mulai dari komunikasi, penjualan, transaksi, pemasaran dan aktivitas lain berbasis virtual.
Internet of Thing berperan sebagai teknologi yang memfasilitasi suatu objek untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia dengan komputer.
Hadirnya sebuah teknologi informasi dalam business intelligence management memiliki peran tersendiri, yaitu memengaruhi sistem perkembangan perdagangan, khususnya sebagai alat dan metode yang memungkinkan.
Selain itu, bisa membantu organisasi dalam pengumpulan data dan informasi yang relevan dari sumber internal serta eksternal.
Teknologi informasi menjadi salah satu dari sekian banyak hal yang dibutuhkan dalam perkembangan bisnis di dunia tanpa terkecuali Indonesia, bahkan dapat disebut sebagai faktor pokok bagi perkembangan dunia bisnis saat ini.
Berbisnis dengan menerapkan teknologi informasi membuat peluang pasar terbuka lebih luas. Dalam Business Intelligence menganalisis data dan informasi ditujukan membantu eksekutif bisnis dan manajer merancang keputusan bisnis yang efektif.
Menjalankan bisnis melalui internet atau yang saat ini sering disebut online shop tentu meningkatkan efisiensi proses bisnis dari mempermudah mempromosikan produk, mencari konsumen, hingga pelanggan.
Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan bisnis yakni kompetisi bisnis global, perkembangan, dan pertumbuhan teknologi informasi, pendayagunaan waktu, pertimbangan sosial, serta kapasitas teknologi informasi.
Di samping itu, kesuksesan dan keberhasilan bisnis utamanya juga dipengaruhi perilaku tren pasar, konsumen, kompetitor, dan masalah yang sedang gencar di masyarakat.
Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung
Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super
Baca Juga: Intip Serunya Menginap di Vega Hotel Gading Serpong
Comments are closed.