Memuaskan, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru SBMPTN 2019

41

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Sistem aplikasi penerimaan mahasiswa baru SBMPTN 2019, yang menyaring calon mahasiswa yang berprestasi secara akademik menggunakan nilai rapor SMA dan prestasi lainnya yang berhubungan dengan program studi yang dipilih, patut diacungi jempol dan diapresiasi bersama.

Berbeda dengan sistem penerimaan murid-murid SMP dan SMA Negeri di seluruh Indonesia yang mendapat banyak protes dari orang tua murid dan kalangan pemerhati pendidikan di Indonesia. SBMPTN tahun 2019 kini diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Masuk Tes Perguruan Tinggi) dan hanya memiliki satu metode tes yaitu UTBK, dengan dua materi tes, yakni tes Potensi Skolatik dan Tes Kompetensi Akademik.

LTMPT yang berada dibawah naungan Kementerian Ristekdikti juga patut diberikan acungan jempol. Apabila kita telusuri alur proses pendaftaran peserta, pelaksanaan ujian (UTBK), sampai ke pengumuman hasil penerimaan mahasiswa di perguran tinggi sangatlah baik. Semua dipersiapkan dengan matang.

Sebagai contoh;  Tahap pendaftaran untuk ikut ujian UTBK sampai pengumuman hasil:

Pendaftaran untuk mengikuti ujian dibagi dua periode periode 1 dan 2, peserta mengisi semua biodata dan dokumen yang harus di upload, dalam pengisia ini terdapat informasi ‘What To Do’ yang sangat jelas, ada tutorial dan penjelasan untuk mengisi halaman ini.

Setelah selesai tahap isi data, peserta diharuskan membayar tarif yang sudah ditentukan. Tata cara bayar dan lain-lain jelas. Apabila peserta sudah bayar maka peserta bisa mencetak kartu peserta ujian. Di kartu peserta ujian jelas tertera nama, nomor id dan photo. Penetapan tempat pilihan ujian UTBK juga sangat baik. Peserta diarahkan ke tempat yang terdekat dari pilihannya.

Adsense

Pada saat ujian peserta harus bawa identitas diri seperti KTP dan Ijazah Asli/yang dilegalisir untuk verifikasi secara fisik. Ujiannya berbasis komputer. Hasilnya dalam 10 hari sudah bisa dikeluarkan oleh penyelenggara.

Tahap Pendaftaran Universitas yang diplih:

Pada tahap ini peserta harus mendaftar ulang ke halaman SBMPTN, namun pengisian sangat mudah karena hampir semua data peserta yang sudah terisi sebelumnya langsung secara otomatis terisi termasuk hasil nilai ujian. Intinya disini peserta memasukkan pilihan universitas mana dan prodi apa yang akan didaftar oleh peserta. Setelah tahapan ini selesai. Peserta menunggu hasilnya.

Pada tanggal 9 Juli 2019 lalu, hasil ujian di umumkan melalui website resmi SBMPTN/LTMPT. Jumlah total peserta 714.652 terbagi bidang Saintek pesertanya 360.329 (50.42%), Soshum 345.896 (48.40%) dan Saintek/Soshum campuran 8.427 (1,18%). Jumlah peserta yang diterima 168.742.

Hal-hal yang sangat penting di apresiasi antara lain, pertama, panitia menyebar tempat lokasi ujian UTBK dengan rapih. Lokasi ujian hampir tersebar diseluruh Indonesia. kedua,  infrastruktur dan komputer di lokasi ujian sangat memadai. Tak kalah pentingnya  pada saat pengumuman dilakukan pada tanggal 9 Juli 2019 kemarin panitia menyiapkan beberapa link back up untuk bisa di akses apabila terjadi masalah pada alamat utama website resmi.

Inilah sebuah kerja yang rapih dan terencana. Kita berharap sistem ini bisa berlanjut dan menular ke sistem – sistem pelayanan publik lainnya, termasuk sistem penerimaan SMP dan SMA. (Wira Perdana)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More