Desa Digital Jabar Raih Penghargaan Top Smart City Project dari Asia-Pasifik

0
241
Desa Digital Jabar Raih Penghargaan Top Smart City Project dari Asia-Pasifik
Desa Digital Jabar Raih Penghargaan Top Smart City Project dari Asia-Pasifik

itechmagz.id– IDC, lembaga riset dan intelijen pasar global, mengumumkan 19 proyek kota pintar (smart city) di wilayah Asia-Pasifik. Desa Digital dari Jawa Barat (Jabar) pun terpilih menjadi salah satu yang terbaik dan meraih penghargaan.

Seperti dilansir investor.id (02/06/2020), Desa Digital (Digital Village) yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat terpilih dan memenangi penghargaan sebagai Proyek Top Kota Pintar (Top Smart City Project) untuk kategori Digital Equity and Accessibility.

Indonesia memenangi penghargaan satu-satunya tersebut bersama dua negara di kawasan Asia Tenggara lain, yakni Malaysia yang memenangi satu penghargaan dan Singapura memenangi tiga penghrgaan sekaligus. Malaysia memenangi penghargaan Intelligent Tourism dan Digital Currencies and Blockchain Technologies oleh Pemerintah Malacca sebagai Top Smart City Project untuk kategori Economic Development, Tourism, Arts, Libraries, Culture, and Open Spaces.

Sementara itu, Singapura memenangi penghargaan Smart Lighting for Public Housing Estates sebagai Top Smart City Project untuk kategori Smart Building/Smart Tech Parks. Selanjutnya, penghargaan On-Demand Autonomous Buses oleh pemerintah Sentosa sebagai Top Smart City Project untuk Transportation- Connected & Autonomous Vehicles, Public Transit, Ride-Hailing/ Ride-Sharing.

Terakhir, Singapura memenangi penghargaan Smart Unmanned Aerial Vehicle Enhanced (SUAVE) oleh Singapore sebagai Top Smart City Project untuk kategori Urban Planning and Land Use. IDC Asia-Pasifik mengumumkan 19 pemenang untuk IDC Smart City Asia-Pasific Awards (SCAPA) tahun ini pada Jumat (29/5) pekan lalu.

Pada gelaran tahun ke-6 ini, wilayah Asia Timur sebagai pemenang terbesar dengan total 10 dari 19 inisiatif yang diberikan. Taiwan dengan empat pemenang kategori, Tiongkok dan Singapura dengan tiga pemenang, Korea Selatan dan Australia dengan dua pemenang, serta satu pemenang masing-masing dimenangi India, Hong Kong, Malaysia, Indonesia, dan Selandia Baru.

Kepala Sektor Publik di IDC Asia-Pasifik Gerald Wang mengatakan, otomatisasi lebih lanjut dari operasi kota telah menciptakan aksesibilitas yang lebih baik ke ekosistem dan alat digital untuk penduduk, ser ta meningkatkan pengalaman layanan pemerintah. Hal tersebut mendominasi tema transformasi proyek smart city di SCAPA2020. (ed.AS/ itechmagz.id/Investor.id).