ManageEngine Hadirkan Pembaruan Generative AI untuk Dorong Produktivitas Tim TI

5

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.idManageEngine, divisi dari Zoho Corporation sekaligus penyedia terkemuka solusi manajemen TI untuk perusahaan, hari ini (24/10) mengumumkan peluncuran besar generative AI (GenAI) pada versi cloud dari platform manajemen layanan terpadu ServiceDesk Plus. Pembaruan ini dirancang untuk mentransformasi pengalaman layanan serta meningkatkan produktivitas bagi pengguna, teknisi, dan pengelola proses bisnis di berbagai organisasi.

Strategi AI ManageEngine untuk ServiceDesk Plus berfokus pada pemberian fleksibilitas bagi pelanggan untuk memilih penyedia AI yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Pelanggan dapat memanfaatkan Zia LLM tanpa biaya tambahan berbasis penggunaan (pay-per-use), atau memilih penyedia AI publik seperti ChatGPT dan Azure OpenAI. Pendekatan ini memungkinkan pelanggan menggunakan model AI yang paling tepat terbaik untuk berbagai fungsi, sekaligus mengoptimalkan efisiensi dan pengeluaran operasional mereka.

“Seiring dengan semakin cepatnya penerapan inisiatif AI di berbagai perusahaan, penting untuk memastikan agar teknologi ini dapat terintegrasi secara mulus ke dalam ekosistem TI perusahaan, serta mampu belajar dan beradaptasi dengan alur kerja yang ada demi memaksimalkan potensi sebenarnya dari inisiatif tersebut,” ujar Umasankar Narayanasamy selaku Vice President ManageEngine.

“Dengan hadirnya Ask Zia virtual agent serta berbagai kemampuan AI terintegrasi lainnya di ServiceDesk Plus, tim TI dan manajemen layanan perusahaan kini dapat memanfaatkannya tanpa biaya tambahan untuk berbagai use case bernilai tinggi yang berfokus pada peningkatan pengalaman karyawan dan pelanggan. ManageEngine akan terus berinvestasi dalam pengembangan teknologi AI end-to-end miliknya untuk membantu pelanggan memperoleh hasil yang cepat dari inisiatif AI mereka, sekaligus menjaga standar keamanan dan privasi data tertinggi.”

ITSM Berbasis AI untuk ServiceDesk Plus: Virtual Agent yang Lebih Canggih, Pembuatan Workflow dan Script Berbasis GenAI, dan Lainnya

Pelanggan ManageEngine kini dapat memanfaatkan berbagai kemampuan ITSM berbasis AI secara luas tanpa kompleksitas  lisensi tambahan. Pembaruan terbaru versi cloud ServiceDesk Plus menghadirkan beragam fitur AI baru, di antaranya:

Adsense
  • Ask Zia: Kini hadir dengan antarmuka bergaya LLM (Large Language Model) dan dukungan multimodal yakni kemampuan memahami berbagai bentuk input seperti teks atau gambar. Virtual agent berbasis GenAI ini memungkinkan pengguna, teknisi, dan pihak yang terlibat menyelesaikan tugas mereka lewat percakapan yang alami dan cepat untuk mencapai tujuan mereka. Dengan kecerdasan buatan yang lebih pintar, Ask Zia memberikan jawaban instan, menelusuri data dan informasi di service desk, mengekstrak dan merangkum artikel knowledge base/KB (pusat pengetahuan), serta melakukan berbagai tindakan tiket. Dengan kemampuannya ini, Ask Zia menjadi titik kontak utama yang mempermudah setiap pengguna berinteraksi dengan sistem TI  mereka tanpa perlu proses yang rumit.

  • Ask Zia Workflow Assist: Bertindak layaknya “pakar workflow pribadi,” fitur ini membantu pengguna mengubah rancangan konsep menjadi alur kerja (workflow) lengkap dalam hitungan detik. Workflow Assist dapat memahami instruksi dalam bentuk teks maupun gambar, lalu secara otomatis membuat visualisasi workflow lengkap dengan saran otomatis, pengecekan kondisi, dan perbaikan pada bagian yang tidak terhubung dengan baik.

  • Peningkatan GenAI lainnya: Kini pengguna juga dapat memanfaatkan kemampuan AI untuk membuat solusi otomatis berdasarkan percakapan tiket, catatan dan riwayat tiket sebelumnya; membuat checklist; menghasilkan cuplikan JavaScript untuk kustomisasi template, serta merekomendasikan solusi saat pengguna membuat atau memperbarui tiket.

Pelajari lebih lanjut mengenai kemampuan AI terbaru di ServiceDesk Plus di sini.

Untuk Pertama Kalinya, ManageEngine Masuk dalam 2025 Gartner® Magic Quadrant™ untuk AI Applications in ITSM

Perusahaan juga mengumumkan bahwa ManageEngine telah diakui sebagai Niche Player dalam 2025 Gartner® Magic Quadrant™ for Artificial Intelligence Applications in ITSM. Laporan tersebut mengevaluasi 10 penyedia dan produk AI di pasar ITSM berdasarkan dua kriteria utama yaitu: Ability to Execute (kemampuan untuk mengeksekusi) dan Completeness of Vision (kelengkapan visi). ManageEngine menilai pengakuan ini mencerminkan kehadiran global perusahaan dan kemampuannya dalam menghadirkan solusi ITSM berbasis AI yang mudah diterapkan tanpa biaya tambahan.

Advertisements

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More