Digitalisasi KBM, Aku Pintar Tambahkan Aplikasi Web APSekolah

38
Digitalisasi KBM, Aku Pintar Tambahkan Aplikasi Web APSekolah
Digitalisasi KBM, Aku Pintar Tambahkan Aplikasi Web APSekolah

Jakarta, Itech- Salah satu aplikasi digital Aku Pintar menambahkan aplikasi khusus untuk pihak sekolah bernama Aku Pintar Sekolah (APSekolah) berbasis web. Dalam aplikasi ini, proses laporan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam dilakukan secara digital sekaligus gratis.
“Sekolah dapat mengetahui rekam data KBM baik yang sudah dan akan berlangsung, dan memudahkan guru dalam menjadwalkan KBM serta memudahkan siswa juga dalam melihat jadwal,” ucap Lutvianto Pebri Handoko selaku Chief Executive Officer Aku Pintar.


Mengutip dari antara.com pada Kamis (24/09/20), sistem berbasis digital dapat dengan mudah memantau segala proses KBM secara real-time sehingga mudah untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini. Sedangkan untuk dapat menggunakan fitur dalam APSekolah, pihak sekolah wajib membuat akun di APSekolah dan hanya dapat untuk satu akun.


Setelah akun dibuat, sekolah dapat menambahkan guru dan siswa untuk bergabung pada sekolah tersebut yang datanya didapatkan melalui dua cara.


Kemudian guru dan siswa yang sudah terdaftar di Aku Pintar melalui aplikasi APGuru dan APSiswa, secara otomatis akan muncul di basis data akun APSekolah. Namun jika guru dan siswa belum tergabung di Aku Pintar, maka pihak sekolah dapat membuatkan akun guru dan siswa melalui APSekolah.

Selanjutnya, pihak sekolah membuat kelas-kelas pembelajaran dengan mata pelajaran sesuai tingkatan kelasnya. Setelah itu, pihak sekolah dapat mengelola kelas dengan memasukkan guru sesuai kelas dan mata pelajaran masing-masing serta siswa dari kelas tersebut.


Seperti dalam pembelajaran manual, guru kemudian membuat jadwal pertemuan sesuai kelasnya dan mengisi deskripsi mata pelajaran sekaligus materi pembelajaran nya menggunakan aplikasi APGuru di web. Untuk jadwal pembelajaran, siswa dapat melihatnya melalui aplikasi mobile Aku Pintar.


Setelah pembelajaran selesai, guru membuat laporan yang dapat dikirimkan otomatis kepada pihak sekolah untuk dilihat, laporan tersebut dapat berupa presensi siswa.


Aplikasi APSekolah ini memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pihak sekolah, mencakup sekolah, guru, siswa, sistem pembelajaran dan pengelolaan sekolah pada umumnya seperti absen, RPP, dll. (DAF)