Brantas Abipraya Raih Penghargaan The Best Digital Technology Project

Brantas Abipraya Raih Penghargaan The Best Digital Technology Project
Brantas Abipraya Raih Penghargaan The Best Digital Technology Project

Jakarta, Itech- Brantas Abipraya (Persero) menyabet penghargaan The Best Digital Technology Project in Construction & Infrastructure Industries dalam ajang bergengsi Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021 bertempat di Ballroom 1 Hotel Mulia Jakarta, Rabu (31/3). Penghargaan tersebut diterima oleh Senior Manajer Departemen QHSE Brantas Abipraya Wahyu Herry Sasongko.

Dalam transformasinya, Brantas Abipraya telah menerapkan BIM (Building Information Modeling) yakni model virtual gedung yang dibuat secara digital (3D model) sejak tahun 2020.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan BIM, Brantas Abipraya menerapkannya pada proses perencanaan. Sedangkan dalam pelaksanannya, Brantas Abipraya mengembangkan konsep VDC (Virtual Design Construction) sebagai project controlling data BIM.

“Kami juga menerapkan ERP untuk menggabungkan bisnis secara digital, sehingga kami harapkan itu akan membuat kinerja semakin efektif dan efisien,” ujar Wahyu Herry Sasongko.

Ketua Penyelenggara Digital Technology & Innovation Award 2021 Irnanda Laksanawan mengatakan bahwa saat ini waktunya membuktikan implementasi dari transformasi digital sebagai penyelamat ekonomi, bisnis, dan pelayanan masyarakat. Karena salah satu hikmah dari pandemi Covid-19 adalah menunjukkan betapa pentingnya produk digital bagi kehidupan manusia.

“Sebab, di era Industri 4.0 ini, teknologi digital bukan lagi sebuah pendukung bagi kehidupan, tapi kini sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Mau komunikasi, makan, belanja ini itu, bayar tagihan, transfer, belajar, dan kebutuhan lainnya kini sudah tak repot-repot lagi. Cukup klik di perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS kita masing-masing,” terangnya.

Diketahui sebanyak 29 Perusahaan BUMN, 3 BUMD dan 2 Swasta ini mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2021. Acara ini diselenggarakan oleh Majalah Itech yang bekerjasama dengan FORTI BUMN, Kementerian Ristek BRIN, BPPT, dan Kementerian Perindustrian.

Acara yang mengangkat tema “Achieving Corporate Goals Through Digital Technology Transformation & Innovation” ini didukung oleh para pakar dan professional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi. (EA)