VIDA Gandeng Kemenkop dan BGR Dukung UMKM Go Digital

Jakarta, Itech– PT Indonesia Digital Identity (VIDA) bekerja sama dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics untuk menyediakan solusi teknologi verifikasi dan autentifikasi data warung pada aplikasi warung pangan BGR Logistics yang merupakan bagian dari program ‘Belanja di Warung Tetangga’ yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi & UKM. Sinergi ini merupakan bagian dari dukungan VIDA terhadap program Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

Sinergi VIDA dan BGR Logistics ini ditandai dengan kunjungan Sati Rasuanto selaku CEO VIDA dan Tri Wahyundo Hariyatno selaku Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics ke salah satu mitra warung pangan di Cijantung, Jakarta Timur. Dalam kunjungan tersebut sekaligus dilakukan sosialisasi tentang tata cara penggunaan teknologi verifikasi dan autentifikasi yang dimiliki VIDA saat diimplementasikan pada aplikasi warung pangan BGR Logistics.

“VIDA menyediakan solusi teknologi verifikasi dan autentifikasi data bagi warung tradisional dan usaha mikro dalam proses pendaftaran usaha mereka di aplikasi warung pangan. Dengan adopsi teknologi VIDA, proses onboarding / pendaftaran tersebut menjadi jauh lebih cepat dan mudah. Hal ini merupakan bagian dari dukungan kami terhadap penguatan dan transformasi digital sektor UMKM, serta sejalan dengan komitmen VIDA untuk mewujudkan ekosistem identitas digital di Indonesia yang semakin terintegrasi,” jelas Sati Rasuanto, CEO VIDA.

Warung tradisional yang akan melakukan pendaftaran lewat aplikasi ‘Warung Pangan’ milik BGR Logistics, mereka akan memberikan beberapa data identitas mereka, seperti Nomor Induk Koperasi (NIK), nama lengkap, tanggal lahir, dan data lain sesuai kriteria yang telah ditentukan. Setelah mendaftar, layanan teknologi VIDA melakukan verifikasi identitas pemilik usaha warung terhadap data Dukcapil. Proses verifikasi data dilakukan secara online dengan tingkat keamanan tinggi, sehingga data yang dihasilkan akurat dan terproteksi dengan aman.

“Aplikasi Warung Pangan kini didukung oleh VIDA sebagai mitra layanan teknologi verifikasi dan autentifikasi yang aman dan terpercaya. Kami optimis solusi teknologi yang disediakan VIDA dapat turut menjaga keamanan data dalam transaksi yang dilakukan oleh para pemilik warung tradisional. Hal ini tentunya dapat meningkatkan daya saing sektor UMKM dalam mengembangkan usaha mereka secara lebih produktif, serta bangkit dari pandemi COVID-19,” jelas Tri Wahyundo Hariyatno, Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics.

Warung Pangan merupakan aplikasi yang digunakan pelaku UMKM, termasuk warung dan toko tradisional, untuk membeli sembako dengan harga kompetitif. Dengan tergabung dalam aplikasi tersebut, warung dapat mengakses inventori / suplai dengan harga yang lebih murah dan secara lebih praktis.

“Sebagai perusahaan yang berfokus pada keamanan data, segala transaksi yang melibatkan identitas digital harus dilakukan dengan standar keamanan dan integritas yang tinggi. Dengan teknologi yang canggih, sistem keamanan terbaik, serta kemampuan untuk mengidentifikasi dan memverifikasi identitas pelaku UMKM, VIDA dirancang untuk mendukung ekonomi digital di Indonesia menjadi lebih baik. Kami berharap kolaborasi strategis ini dapat turut mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN) bagi sektor UMKM di Indonesia,” tutup Sati.

Sampai saat ini, telah terdaftar 28.215 UMKM atau warung sebagai mitra Warung Pangan di Jabodetabek, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Jogja, Bangka Belitung. Targetnya 60.000 UMKM atau warung di Pulau Jawa dan Bangka Belitung akan menjadi mitra Warung Pangan di akhir tahun 2021. (red)