Pintek Dorong Literasi Digital pada Dunia Pendidikan

0
17

Jakarta, Itech- Pintek, gelar sesi diskusi Pintek Edutalk #YangPentingBelajar: Tingkatkan Literasi Digital Bagi Pendidikan 4.0. Acara ini menjadi ruang bicara untuk mengembangkan ekosistem pendidikan melalui implementasi teknologi, sekaligus menguatkan komitmen terhadap pentingnya literasi digital untuk lembaga pendidikan  sebagai upaya mempersiapkan Sumber Daya Manusia dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Mengusung tema “Tingkatkan Literasi Digital Bagi Pendidikan 4.0”, sesi diskusi ini menghadirkan pembicara yang memiliki visi yang luas bagi ekosistem pendidikan, yaitu Pusdatin Kemendikbud , dan dari sisi teknologi, yaitu PT Duta Digital Informatika (DUGI).

Menurut Tommy Yuwono, Co-Founder dan Direktur Utama Pintek menyampaikan, “#YangPentingBelajar merupakan sebuah gerakan dari Pintek dalam mendukung sektor pendidikan untuk tetap melakukan kegiatan belajar-mengajar dalam kondisi apapun. Pada kesempatan ini, kami membahas mengenai peranan penting teknologi pada dunia pendidikan yang memberikan kemudahan proses edukasi bagi seluruh ekosistem pendidikan. Namun, kami banyak menemukan di lapangan adanya kesulitan dalam ketersediaan & penggunaan teknologi pada kegiatan belajar-mengajar.”

Gogot Suharwoto, Ahli Utama PTP Pusdatin Kemendikbud menyatakan, “Indonesia dengan Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan milenial memiliki misi yang kuat untuk membawa Indonesia kepada Pendidikan 4.0. Seiring dengan itu, lembaga pendidikan dan sdm pendidikan perlu diberikan pengetahuan  mengenai pentingnya literasi digital dalam pembelajaran, khususnya pada masa penuh tantangan saat ini untuk mengadaptasi potensi teknologi di dunia pendidikan. Kami meyakini bahwa literasi digital mampu menciptakan ekosistem pendidikan di Indonesia yang semakin kuat sekaligus dapat mencetak generasi penerus bangsa yang  paham akan teknologi, kreatif, dan dapat menyaring informasi dengan baik.” (red)