Peneliti Kembangkan Layar Ponsel Transparan Dari kayu

0
55
Peneliti Kembangkan Layar Ponsel Transparan Dari kayu
Peneliti Kembangkan Layar Ponsel Transparan Dari kayu

Jakarta, Itech- Seorang peneliti Junyong Zhu dari Forest Products Laboratory bekerjasama dengan peneliti University of Maryland dan University of Colorado tengah mengembangkan bahan kayu transparan yang dapat digunakan untuk ponsel pintar, guna menggantikan kaca fleksibel untuk ponsel yang dapat dilipat.


“Para peneliti menemukan bahwa kayu transparan berpotensi mengungguli kaca yang saat ini digunakan dalam konstruksi hampir dalam segala hal,” dikutip dari laman Kementerian Pertanian Amerika Serikat, Selasa (06/10/20).


Dikutip dari antaranews.com, diketahui bahwa kayu balsa digunakan sebagai bahan dasar oleh tim peneliti, serta diberi bak pengoksidasi suhu kamar yang menjadikannya terlihat hampir transparan. Setelah itu, kayu diisi dengan polimer sintetik yang juga disebut polivinil alkohol (PVA), itu yang menjadikannya terlihat transparan.

Pada Laman Kementerian Pertanian AS dijelaskan pula bahwa, jejak karbon yang berat akan tertinggal ketika kaca diproduksi. Emisi manufaktur sekitar 25.000 metrik ton per tahun.


“Kini, kayu transparan muncul sebagai salah satu material paling menjanjikan di masa depan,” tulisnya.


Kayu tersebut akan lebih lama dan lebih ringan dari kaca biasa, serta dapat dibengkokkan. Material baru ini juga dapat menahan benturan yang jauh lebih kuat dari kaca, sekaligus sangat murah untuk diproduksi secara massal.

Kemudian untuk saat ini, seperti yang dilaporkan Phone Arena, para peneliti sedang fokus pada pengaplikasian material tersebut dalam konstruksi smartphone.


Karena efisiensi termal yang tinggi dari material ini, bahan ini dinilai ideal untuk jendela, menggantikan kaca konvensional. Bahkan, kemungkinan juga dapat berpotensi untuk digunakan dalam industri otomotif. (DAF)