Microsoft Luncurkan Imagine Cup 2021

6

Jakarta, Itech- Imagine Cup, kompetisi dari Microsoft yang melibatkan para ahli teknologi muda dari seluruh dunia untuk mempromosikan adaptasi platform, memperluas akses pasar, dan mencari talenta terbaik, telah membuka pedaftaran bagi para siswa, dengan tawaran hadiah utama uang tunai hingga US$75.000. Para pemenang tidak hanya memenangkan hadiah uang tunai tetapi juga akan mendapatkan sesi bimbingan khusus dengan para eksekutif utama Microsoft.

Dengan berpartisipasi, wirausahawan muda di bidang sains dan teknologi dapat membuat proyek baru dan inovatif yang menonjolkan bakat dan minat mereka, dan akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan para profesional, memperoleh keterampilan baru, memenangkan pendanaan untuk memaksimalkan penerapan ide-ide mereka, dan menerima bimbingan dari para pemimpin teknologi jempolan. Melalui beberapa putaran kompetisi online dan tatap muka, mereka memperebutkan kejuaraan, hadiah uang tunai, dan program mentoring.

Imagine Cup berfokus pada inovasi yang mengubah cara hidup kita semua; tentang solusi dan aplikasi yang bisa menyelamatkan nyawa. Kompetisi ini menjadi wadah bagi tim siswa untuk mengembangkan jawaban yang efektif guna meningkatkan gaya hidup masyarakat di seluruh dunia, melalui ide-ide teknologi yang mereka ciptakan.

Pemenang Imagine Cup sebelumnya telah memacu peluang ekonomi dan lapangan pekerjaan, dengan banyak inovator melihat karier mereka berubah setelah kompetisi. Beberapa pemenang sebelumnya telah bekerja untuk Microsoft, memberikan inovasi mereka kembali ke pasar. Pesaing siswa lainnya telah membangun karir di startup, industri, perawatan kesehatan, dan lainnya, memanfaatkan keterampilan yang mereka pelajari selama pengalaman kompetisi dan saran yang mereka terima dari mentor selama proses berlangsung.

Finalis Indonesia sebelumnya antara lain Tim Cimol, pemenang Imagine Cup Asia Tenggara 2017 untuk news hoax analyzer, tim BeeHive Drones dari 2018 yang membuat sistem drone kooperatif untuk petani yang dapat diakses melalui aplikasi mobile (sekarang mereka menjadi satu startup lokal), serta runner-up Final Imagine Cup Asia tahun lalu, Tulibot, yang mengembangkan alat terintegrasi untuk menjembatani kesenjangan komunikasi bagi tuna rungu, menggunakan kacamata dan sarung tangan pintar.

Dalam 19 tahun terakhir, lebih dari dua juta siswa dari 200 negara telah mengikuti kompetisi yang penuh semangat ini, dengan sebagian besar aplikasi siswa ini menunjukkan proyek yang berharga dan berdampak positif dengan menggunakan teknologi Microsoft.

Pablo Veramendi, direktur global Imagine Cup, menyampaikan pesan bagi siswa pecinta teknologi di seluruh dunia, “Kami ingin melihat apa yang Anda bisa lakukan! Kami ingin melihat apa yang ingin di ubah di dunia Anda, di komunitas Anda. Semua tergantung kalian. Kami memberikan platformnya dan ingin membawa ide-ide Anda ke panggung global.”

Pablo juga merupakan manajer program global Microsoft Learn Student Ambassador, sebuah program yang memberikan langkah jelas untuk membantu para siswa belajar dan memimpin sehingga mereka dapat membuat perbedaan dan memberdayakan orang-orang di sekitar mereka. Mereka mempelajari keterampilan baru, memecahkan masalah dunia nyata, serta membangun komunitas di seluruh dunia melalui program ini

Pendaftaran untuk Microsoft Learn Student Ambassador terbuka sepanjang tahun, dan batas waktu per kuartal berikutnya adalah tanggal 30 November. Anggota program ini juga dianjurkan untuk mendaftar ke Imagine Cup, karena mereka mungkin memiliki solusi dan proyek teknologi unik yang telah mereka kerjakan sebelumnya.

Dengan misi memberdayakan setiap orang dan organisasi di planet ini untuk mencapai lebih banyak, Microsoft, melalui Imagine Cup, berharap bisa menemukan solusi teknologi berikutnya untuk menangani masalah global. Pendaftaran telah resmi dibuka untuk semua peserta yang berminat. Untuk mendaftar atau mempelajari lebih lanjut tentang Imagine Cup 2021, kunjungi http://imaginecup.com/. (red)