Menristek/ BRIN Sebut I2E Penanda Integrasi Litbangjirap

13

Jakarta, Itech – Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan kali ini hadir dalam format _Virtual Exhibition_ diadakan 10-13 November 2020 dilanjutkan pameran statis dimulai tanggal 14 November – 10 Desember 2020. I2E tahun ini mengusung tema *’Inovasi Indonesia sebagai Solusi’*, sebagai penutup rangkaian acara peringatan Seperempat Abad Kebangkitan Teknologi Nasional. Menristek/Kepala BRIN menjelaskan pameran ini sendiri merupakan penanda integrasi komunitas litbangjirap yang lebih erat di Indonesia.

“Ini tercermin dengan menyatunya berbagai kegiatan dari berbagai pelaku riset dan Inovasi Indonesia dalam expo ini, di antaranya Artificial Intelligence Summit 2020; Nuklir EXPO 2020; Indonesian Science EXPO 2020,” jelas Menristek/Kepala BRIN.

Selain menampilkan berbagai hasil litabngjirap, expo juga dimeriahkan dengan seminar, diskusi, workshop virtual dalam berbagai topik penelitian dan aplikasi, pertemuan dan bincang bersama peneliti dan inovator Indonesia, kunjungan melalui _virtual tour_ ke laboratorium dan fasilitas penelitian terbaru, klinik/konsultasi virtual, lomba kreativitas dan inovasi masyarakat, serta acara menarik lainnya. Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 yang sebelumnya bernama RITECH EXPO merupakan pameran tahunan yang menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi unggulan karya anak bangsa.

”Semua kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengarusutamakan litbangjirap dalam kehidupan berbangsa kita untuk meningkatkan kemandirian bangsa. Litbangjirap akan meningkatkan jumlah dan kualitas produk inovatif dalam negeri. Kita harus membeli dan bangga pada produk Indonesia, produk riset inovasi anak bangsa,” papar Menteri Bambang

Komunitas litbangjirap terus mengintensifkan kolaborasi _Triple Helix_, kolaborasi antar peneliti/perekayasa di berbagai Perguruan Tinggi, dan Lembaga Litbang Kementrian/Lembaga serta pelaku usaha/industri dan masyarakat, dalam menghasilkan produk nasional, untuk substitusi impor dan bahkan untuk dikembangkan sebagai produk ekspor Indonesia. Inovasi Indonesia akan terus berkontribusi sebagai solusi permasalahan bangsa, sebagai arus utama/gerakan transformasi ekonomi Indonesia menuju visi 2045.