Mahasiswa ITS Kembangkan Pemasaran UMKM secara Digital Lewat Paselum

9
Mahasiswa ITS Kembangkan Pemasaran UMKM Secara Digital Lewat Paselum
Mahasiswa ITS Kembangkan Pemasaran UMKM Secara Digital Lewat Paselum

Jakarta, Itech- Pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa bulan belakangan, memberikan dampak besar termasuk terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sepi konsumen bahkan akhirnya gulung tikar. Maka dari itu, Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)membuat sebuah inovasi pemasaran yang dilakukan secara digital. Aplikasi ini bernama Pasar Elektronik UMKM atau Paselum yang diperasikan secara syariah, bertujuan untuk membantu UMKM Indonesia.


Kemudian, dengan adanya kondisi ini di mana sebuah proses digital memang diharuskan, Maya Kencana Wulandari bersama dua rekannya dari ITS mencoba inovasi aplikasi Paselum ini. Sistem pemasaran yang dipakai Paselum adalah bagi hasil, dalam hal ini pelaku UMKM akan dipungut biaya tiga persen di tiap penjualannya.


Maya menjelaskan bahwa UMKM yang dapat mengikuti sistem hanyalah UMKM yang terdaftar resmi pada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop). Pelaku UMKM juga membuat perjanjian di atas materai yang menjamin bahwa tidak ada aktivitas penipuan di dalamnya, seperti yang dikutip dari its.ac.id pada Kamis (19/11/20).
“Dan yang terpenting, Paselum tidak mengizinkan pelaku UMKM melakukan dropship. Sehingga semua produk yang dijual memang berasal dari pelaku UMKM yang menandatangani perjanjian itu,” ucapnya.


Berbagai uji coba telah dilakukan oleh mahasiswa ITS ini. Sehingga dapat dipastikan aplikasi dapat mudah digunakan dalam bertransaksi dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Maya juga berharap bahwa aplikasi ini tidak berhenti di prototipe saja, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat umum dengan mudah dan praktis. (DAF)