Lakukan Pengapalan LNG Kargo Perdana, Perta Arun Gas Bisa Capai Pasar Internasional

Lakukan pengapalan LNG Kargo Perdana, Perta Arun Gas Bisa Capai Pasar internasional
Lakukan pengapalan LNG Kargo Perdana, Perta Arun Gas Bisa Capai Pasar internasional

Jakarta, Itech- Awal 2021, Perta Arun Gas (PAG) berhasil melakukan pengapalan kargo LNG perdana, dengan tujuan pasar internasional. Perta Arun Gas (PAG) sendiri merupakan pengelola Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk komoditas LNG, dan satu-satunya di Indonesia berhasil melakukan pengapalan kargo tersebut.


Arif Widodo selaku President Director PAG menjelaskan bahwa, kargo LNG yang dikapalkan kali ini merupakan LNG milik salah satu pengguna PLB yang bersumber dari luar negeri yang telah disimpan di PLB Arun yang menggunakan kapal Hongkong Energy (FOB) dengan tujuan penerima di Terminal Caofeidian, Hebei, China.
“Kegiatan loading LNG ke kapal sangat lancar dengan laytime hanya 43,08 jam atau lebih singkat dari kesepakatan antara penjual dengan pembeli (60 jam) serta lebih singkat dari kesepakatan maksimum laytime antara PAG dengan pengguna PLB (77 jam),” ujar Arif dalam siaran persnya.


Kemudian untuk saat ini, PLB LNG telah memiliki empat unit tangki yang berkapasitas 460.000 M3. Baik berasal dari domestik maupun internasional. Pengoperasiannya, terutama untuk komoditas LNG, didatangkan oleh para tenant atau pengguna PLB baik domestik maupun internasional.


Kemampuan PAG dalam pengelolaan PLB tentu saja berhasil memperkuat posisi dan cita-cita PAG, untuk menjadi Arun LNG Terminal yang diperhitungkan dalam kancah Asia Tenggara, khususnya sebagai pemain LNG Hub.


PAG juga diketahui tengah mengembangkan bisnis lainnya di lokasi aset Ex Arun seperti PLB untuk fuel oil bunkering, LNG bunkering, cold storage, dan jasa O&M untuk LPG Transhipment.


Kepala Kantor Bea Cukai Lhokseumawe, Muchammad Munif, selaku perwakilan regulator untuk PLB LNG Arun, mengaku senang atas kelancaran operasional PLB LNG Arun seperti dikutip dari kontan.co.id pada Kamis (18/02). (DAF)