Kemenristek/BRIN Hadirkan Hasil Inovasi pada Pameran Virtual I2E 2020

14

Jakarta, Itech – RITECH EXPO merupakan pameran tahunan yang menampilkan berbagai hasil riset dan inovasi di bidang teknologi. Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa. Pada tahun 2020, RITECH EXPO bertransformasi menjadi Inovasi Indonesia Expo (I2E). Dengan semangat yang sama, Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 diharapkan dapat menjadi wadah dalam upaya membumikan riset, serta memperkenalkan berbagai produk inovasi.

“Agenda ini merupakan kegiatan rutin Kemenristek/BRIN yang sebelumnya Kemenristekdikti setiap tahunnya, yang tentunya untuk menyampaikan kepada masyarakat, juga sebagai bentuk pertanggung jawaban moral, sekaligus mengajak kita semua untuk mengerti dan mengetahui mengenai riset dan inovasi,” jelas Sekretaris Kementerian Riset dan Teknologi/Sekretaris Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional Mego Pranindito dalam konferensi pers Pra Pembukaan Pameran Virtual Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 secara daring, di Jakarta, Senin (9/11).

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Inovasi Indonesia Expo (I2E) 2020 hadir dalam format Virtual Exhibition. Mengusung tema ’Inovasi Indonesia sebagai Solusi’, sebagai bagian dari peringatan Seperempat Abad Kebangkitan Teknologi Nasional, I2E 2020 akan sekaligus menjadi showcase bagi berbagai hasil riset dan inovasi dalam upaya penanganan Covid-19, serta berbagai produk Prioritas Riset Nasional (PRN) yang diharapkan mampu mendorong terciptanya kemandirian ekonomi berbasis inovasi.

I2E 2020 akan diselenggarakan selama empat hari dari tanggal 10 – 13 November 2020. Selama gelaran I2E 2020 masyarakat dapat mengikuti semua gelaran secara gratis dan akan disuguhi produk-produk inovasi dari Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi Kemenristek/BRIN, Unit Utama Kemenristek/BRIN, perguruan tinggi, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian atau Lembaga Negara (K/L), Balitbang Daerah, BUMN, Industri, Start Up, serta mitra luar negeri.

“Pameran Interaktif berlangsung mulai besok tanggal 10 – 13 November 2020, kemudian Pameran Statis mulai tanggal 14 – 10 Desember 2020. Masyarakat dapat berkunjung secara virtual pada jam interakasi 09.00 sampai 16.00 WIB. Kami mengundang berbagai lapisan dan kalangan masyarakat untuk bisa mengikuti rangkaian acara I2E yang menampilkan hasil inovasi anak bangsa,” tambah Mego Pranindito.

Pada gelaran I2E 2020 tahun ini juga diselenggarakan 17 judul demo produk inovasi, 13 judul webinar, demo sains dan Science Film Festival, klinik konsultasi, dan lomba-lomba dengan hadiah menarik. Masyarakat dapat mengikuti dan mendapatkan informasi lebih detail mengenai rangkaian acara I2E 2020 dengan mengakses laman https://inovasiindonesiaexpo.id. Live Launching I2E akan dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro, dan dapat disaksikan melalui kanal Youtube Kemenristek/BRIN pada Selasa, 10 November 2020, pukul 10.00 WIB pada tautan berikut https://bit.ly/InovasiIndonesia2020.