Kemenperin Gelar Creative Fest 2020

Jakarta, Itech- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) secara konsisten mendorong pengembangan industri kreatif, melalui penyelenggaraan Creative Fest oleh Bali Creative Industry Center (BCIC). Tahun ini, digelar secara online pada 3-5 Desember 2020, karena adanya pandemi Covid-19.

“Tema Creative Fest 2020 adalah The Challenge for Uncertainty Era. Melalui tema ini, kami ingin mengajak ekosistem industri kreatif di Indonesia agar turut berkontribusi dalam menghadapi tantangan saat ini,” kata Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih di Jakarta, Sabtu (5/12).

Rangkaian kegiatan Creative Fest 2020 di antaranya adalah Awarding IFCA 2020, Graduation Creative Business Incubator 2020, Creative Talkshow, Creative Workshop dan Pameran Produk Online melalui platform Tokopedia. Program ini merupakan penutup dari seluruh rangkaian acara yang telah dilaksanakan oleh BCIC sepanjang tahun 2020.

Pada tahun ini, BCIC melaksanakan berbagai program, meliputi webinar dengan tema Strategi Bertahan terhadap Krisis pada April-Mei 2020. Selanjutnya, webinar tentang Strategi Menghadapi New Normal pada Juni 2020. “Selain itu, dilaksanakan berbagai webinar dalam rangka sosialisasi Program Creative Business Incubator 2020 pada bulan Juli sampai Agustus 2020,” sebut Gati.

Program Creative Business Incubator dilaksanakan melalui Program Camp dan Coaching. Pada akhir acara, sebanyak 30 peserta terbaik akan melakukan presentasi dihadapan Investor dan Stakeholders Pengembangan Bisnis Kreatif.

Program lain adalah kompetisi IFCA 2020 yang bertujuan untuk mencari desainer muda berbakat yang peka terhadap tantangan era baru dalam menjaga keberlanjutan sektor kriya dan fesyen. Kompetisi ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp130 juta. Selain itu, para pemenang meraih kesempatan untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut melalui Creative Business Incubator dan Business Matching. (red)