Grab for Business Hadirkan Sejumlah Solusi Digital Baru, Perkuat Komitmen untuk Hadirkan Layanan bagi Perusahaan
Jakarta, Itech- Grab, aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara hari ini mengumumkan kehadiran rangkaian layanan Grab for Business sebagai upaya dalam memperkuat komitmennya menyediakan solusi-solusi untuk menjawab kebutuhan harian pengguna, termasuk perusahaan.
Berbagai solusi digital ini dirancang untuk mempermudah karyawan melakukan pekerjaan dan bertujuan untuk melayani kebutuhan keseharian perusahan guna menjaga efisiensi, kontrol, produktivitas serta mengusahakan tercapainya agility selama pandemi.
Serangkaian solusi digital terbaru ini meliputi GrabProtect, GrabFood for Business, GrabExpress Same Day, GrabGifts yang dapat mendukung kampanye marketing perusahaan dan Grab Digital Business untuk mempermudah akses terhadap berbagai produk digital.
Menurut studi kasus Grab for Business yang telah dilakukan, perusahaan dapat meningkatkan penghematan biaya hingga 35% dengan beralih dari layanan transportasi dan pengiriman dengan kontrak jangka panjang ke layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan lewat pemanfaatan teknologi Grab.
Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia menyampaikan, “Semangat Grab for Good terus memotivasi kami untuk berupaya menghadirkan inovasi teknologi yang dapat berdampak positif bagi masyarakat dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi digital di Indonesia.
Oleh karena itu, kami terus berinovasi di sepanjang tahun yang penuh tantangan ini, menciptakan solusi untuk aktivitas harian, dan juga dapat memberikan kehidupan yang bermakna bagi masyarakat Indonesia, termasuk bagi perusahaan.
Dengan hadirnya sejumlah solusi baru ini, kami berkomitmen untuk menjawab kebutuhan harian perusahaan dengan menyediakan layanan yang lebih tepat sasaran dan bernilai, sekaligus mendukung mitra pengemudi, merchant, dan agen kami untuk mendapatkan lebih banyak peluang penghasilan dan manfaat dari ekonomi digital, serta turut berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia.”
Selain itu, Roy Nugroho, Director of Grab for Business, Grab Indonesia, juga mengemukakan, “Sebagai pelopor platform digital yang menyediakan berbagai layanan untuk mengelola kebutuhan harian perusahaan, Grab for Business telah melayani lebih dari 7,000 perusahaan termasuk Danamon, Pertamina Bina Medika, dan Bukalapak.
Sejak pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang telah melakukan penyesuaian kegiatan operasional bisnis dan pengaturan skema kerjanya mengacu pada anjuran agar karyawan bekerja dari rumah atau melakukan kerja secara shift di kantor. Grab telah bekerja sama dengan pelanggan perusahaan kami untuk menyesuaikan layanan kami dengan kebutuhan mereka, berdasarkan masukan yang mereka berikan.
Dengan semakin dibatasinya interaksi fisik, perusahaan saat ini tengah mencari cara baru untuk melanjutkan kegiatan operasional bisnis dan berinteraksi dengan para karyawannya, sekaligus mengapresiasi kerja keras mereka dengan dukungan solusi digital.
Oleh karena itu, kami menghadirkan sejumlah layanan baru untuk Grab for Business yang akan #BuatLebihMudah berbagai urusan bisnis dan menjawab kebutuhan perusahaan untuk mengontrol kegiatan bisnisnya sehingga menjadi lebih efisien dan produktif.”
Untuk pelanggan perusahaan, Grab for Business telah memperbarui layanannya yang secara spesifik dirancang untuk mendukung kebutuhan harian perusahaan dan membantu perusahaan dalam memanfaatkan solusi digital. Pembaruan layanan tersebut mencakup:
Perjalanan Bisnis Terpadu: Sejak peluncuran perdananya pada 2016, Grab for Business telah menyediakan solusi transportasi terintegrasi untuk perusahaan, dimulai dari GrabCar, GrabBike, dan GrabRental untuk para karyawan perusahaan.
Di tengah situasi saat ini, Grab for Business turut menghadirkan GrabProtect, solusi mobilitas yang menawarkan perlindungan ekstra bagi karyawan yang masih harus bekerja di luar rumah, yang dapat membantu perusahaan dalam memastikan keamanan karyawannya. GrabCar Elektrik juga tersedia sebagai pilihan perusahaan untuk berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.
Layanan Pesan-Antar Makanan Perusahaan: GrabFood for Business dirancang untuk menciptakan efisiensi bagi pelanggan perusahaan dan karyawannya dalam memesan makanan dan minuman untuk berbagai kebutuhan perusahaan, seperti meeting, training, workshop, reward atau apresiasi untuk karyawan, dan juga biaya konsumsi dalam pelayanan klien. Pemesanan dan pengelolaan makanan menjadi lebih sederhana dengan pilihan pemesanan dalam jumlah besar, pemesanan paralel dan pemesanan terjadwal untuk perusahaan.
Layanan Pengiriman Bisnis: Dengan permintaan pengiriman yang semakin tinggi, perusahaan tengah mencari opsi layanan pengiriman paket dan dokumen dengan harga yang terjangkau ke berbagai lokasi dan jarak yang lebih jauh.
Guna menjawab kebutuhan perusahaan, Grab for Business meluncurkan GrabExpress Sameday, pilihan layanan pengiriman yang lebih ekonomis dan dapat mengantar barang dalam waktu 6 jam pada hari yang sama. Layanan ini merupakan pilihan tambahan selain GrabExpress Instant yang menawarkan pengantaran tiba di tujuan dalam 2 jam.
Pemberian Hadiah dan Apresiasi: GrabGifts turut mempermudah perusahaan untuk mendukung produktivitas karyawannya dengan memberikan voucher GrabGifts (transportasi dan makanan) sebagai bentuk apresiasi bagi para karyawannya yang telah bekerja keras pada masa yang penuh tantangan ini.
Selain itu, GrabGifts juga dapat mendukung kampanye digital perusahaan melalui GrabGifts yang dapat disesuaikan dan dipersonalisasi, mencakup berbagai layanan Grab untuk product bundling, akuisisi, atau program retensi.
Akses ke Produk Digital: Dengan Grab Digital Business, perusahaan dapat dengan mudah memperluas penawaran produk digitalnya kepada pelanggan. Dengan koneksi Single Application Programming Interface (API) di sistem Grab Digital Business, perusahaan dapat mengintegrasikan berbagai produk digital seperti, pulsa, paket data, pembayaran tagihan, dan voucher mitra pengemudi Grab ke dalam platform mereka.
Contohnya, perusahaan ecommerce dapat memilih untuk mengintegrasikan pulsa dan pembayaran tagihan dari Grab Digital Business untuk menyediakan produk tersebut kepada konsumen mereka.
Platform Extension: Web Booking dan Portal Grab for Business dapat diintegrasikan atau ditambahkan di portal perusahaan sehingga mereka dapat dengan mudah melacak dan mengelola operasionalnya dalam satu platform saja. Sebagai contoh, berbagai layanan dari Grab for Business telah diintegrasikan ke Portal Bela Pengadaan, platform pengadaan digital milik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
Ajang bagi perusahaan untuk bertukar pikiran: Grab Business Forum 2021
Sebagai wujud dari komitmen Grab for Business untuk melayani perusahaan, Grab juga menyelenggarakan Grab Business Forum 2021, acara yang diperuntukkan bagi para perusahaan dan mengusung berbagai topik mengenai “Driving Digital Transformation and Business Forward”. Acara ini dibagi menjadi dua sesi utama:
Executive Forum: Ditargetkan untuk C-Level dan Director dengan menghadirkan para petinggi industri dan bisnis – Chatib Basri, Pandu Sjahrir, dan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang membahas tentang proyeksi ekonomi, roadmap pemulihan bisnis 2021, serta percepatan proses transformasi digital UMKM.
Business Talks: Ditargetkan untuk para pemimpin divisi perusahaan dengan menghadirkan para pemimpin dari pelanggan Grab for Business untuk memaparkan mengenai percepatan pertumbuhan bisnis, peningkatan produktivitas perusahaan, dan juga membuka peluang bisnis baru.
Melalui acara ini, para pelanggan perusahaan juga berbagi tentang bagaimana Grab for Business telah memberikan dampak positif dalam pemenuhan kebutuhan dan operasional perusahaan sehari-hari, terutama pada masa pandemi ini.
Grab for Business telah membuktikan perannya dalam menghadirkan layanan digital bagi para perusahaan untuk terus beroperasi di tengah masa pandemi ini. Herry Hykmanto, Direktur Syariah dan Sustainability Finance Danamon mengatakan, “Danamon sangat berterima kasih kepada Grab atas kemitraan ini yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis kedua perusahaan.
Grab for Business telah sukses menjawab kebutuhan perusahaan kami sehari-hari, khususnya dalam menyediakan layanan transportasi yang nyaman dan aman untuk mendukung produktivitas karyawan. Danamon dapat beroperasi secara maksimal dan kami hadir menyediakan layanan perbankan terbaik untuk para nasabah dan mitra kami di tengah situasi yang menantang ini.
Dengan perlindungan ekstra dan standar protokol kesehatan yang ketat dari GrabProtect, kami dapat memastikan keamanan dan kesehatan para karyawan dalam perjalanan bisnis mereka.”
Sementara itu, Director of Business Transformation, PT Pertamina Bina Medika IHC, Antonius Rainier Haryanto menekankan, “GrabExpress telah membantu Pertamedika dalam pengiriman obat-obatan langsung ke rumah para pasien. Hal ini juga berkontribusi pada kepuasan pasien kami karena pasien mendapatkan kemudahan mengakses obat-obatnya tanpa harus pergi ke rumah sakit.”
CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin juga menambahkan, “Platform Bukalapak telah berkolaborasi dengan Grab for Business dan Grab Digital Business dalam menghadirkan produk digital termasuk pulsa, paket data, dan voucher GrabGifts di platform kami. Kedepannya, kami berharap dapat menambahkan voucher mitra pengemudi Grab di platform kami dan menjalin kerja sama yang lebih strategis dengan Grab.” (DAF/rilis)
Comments are closed.