Facebook Hapus Halaman Pusat Informasi Hoax Pemilu AS

8
Facebook Hapus Halaman Pusat Informasi Hoax Pemilu AS
Facebook Hapus Halaman Pusat Informasi Hoax Pemilu AS

Jakarta, Itech- Facebook masih mencoba untuk menangani orang dan kelompok yang menyebarkan informasi kebohongan tentang pemilu melalui pesan “Hentikan Pencurian”. Perusahaan itu menghapus beberapa halaman Facebook dan setidaknya satu grup yang mempromosikan “Hentikan Pencurian,” hal ini seperti yang dilansir dari The Washington Post melalui engadget.com pada Selasa (10/11/20).


Penghapusan terjadi beberapa hari setelah jejaring sosial menghapus grup Facebook lain yang memperoleh ratusan ribu pengikut dalam 24 jam pertama. Pada grup Facebook ini, beberapa anggotanya menyebarkan teori konspirasi tentang hasil pemilu dan menganjurkan tanggapan yang mengkhawatirkan untuk akan mengarah kepada tindak kekerasan.


Sejak saat itu, beberapa grup serupa bermunculan, beberapa di antaranya telah mendapatkan ribuan anggota dan grup tersebut menandai halaman terkait Bannon ke dalam Facebook.


Meskipun tidak jelas apakah Facebook berencana untuk mengambil tindakan terhadap grup-grup ini, Facebook telah menerapkan sejumlah perubahan lain dalam beberapa hari terakhir sebagai upaya untuk mengontrol informasi yang salah.


Kemudian, perusahaan telah mengurangi distribusi beberapa video langsung dan postingan terkait pemilu. Facebook juga telah memberlakukan pembatasan pada grup yang berulang kali melanggar aturannya.