BSN Gelar Bulan Mutu Nasional Secara Daring

0
50

Jakarta, Itech- Badan Standardisasi Nasional (BSN), akan menggelar Bulan Mutu Nasional (BMN) 2020 yang betema “Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian untuk Hidup Sehat dan Produktif”. Tema tersebut selaras dengan tema World Standard Day 14 Oktober 2020 dan tema ini juga erat dengan situasi yang sedang dialami bangsa ini dimana pandemi Covid-19 hingga saat ini masih belum sepenuhnya dapat teratasi.

Ada yang spesial pada pelaksanaan BMN tahun ini, yaitu pelaksanaannya dilakukan secara daring. Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Seminar Nasional Standardisasi tahun ini dilaksanakan secara daring di gedung Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) kawasan Puspiptek, Serpong, dihadiri 50 tamu khusus yang hadir sesuai protokol kesehatan dan 3000 peserta umum webinar/daring.

Pembukaan BMN tahun 2020 akan dilaksanakan pada 4 November di Gedung Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, sekaligus meresmikan Gedung yang berlokasi di Kawasan PUSPIPTEK Serpong tersebut. Gedung Laboratorium SNSU, diharapkan mampu meningkatkan ketertelusuran pengukuran khususnya di bidang kimia dan biologi serta sektor kesehatan, yang selama ini masih banyak tergantung kepada negara lain. Ini sekaligus menjadi tonggak sejarah baru dalam memperkuat infrastruktur mutu nasional di Indonesia.

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Zakiyah berharap BMN tahun ini bisa menjadi sarana mempertemukan seluruh stakeholder BSN untuk melakukan konsolidasi, koordinasi dan pemutakhiran serta penyebaran informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian.

“BMN merupakan kegiatan tahunan BSN yang diselenggarakan setiap bulan Oktober – November. Ini merupakan tindak lanjut dari amanat Presiden RI pada pidato pembukaan Konvensi Nasional 1991 agar bulan November setiap tahun dijadikan sebagai Bulan Mutu dan Produktivitas Nasional, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Standar Dunia,” katanya.

Namun demikian, lanjut Zakiyah yang akrab di sapa Kiki ini, meskipun pelaksanaannya tidak dilakukan secara tatap muka sebagaimana biasanya, mudah-mudahan BMN tahun ini tidak mengurangi kemeriahan dan arti atau makna serta keberhasilannya dibandingkan pelaksanaan BMN tahun-tahun sebelumnya. (red)

.