Angkasa Pura I Dukung Digitalisasi Ekonomi Kreatif Lewat Creative Hub

Angkasa Pura I Dukung Digitalisasi Ekonomi Kreatif Lewat Creative Hub
Angkasa Pura I Dukung Digitalisasi Ekonomi Kreatif Lewat Creative Hub

Jakarta, Itech- PT Angkasa Pura I mendukung ekonomi kreatif lewat pemanfaatan platform digital Creative Hub. Hal ini menyambut rencana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat meninjau proyek tersebut.

Ia mengusulkan akan membuat creative hub yang bertujuan memberikan etalase bagi UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di Sulawesi Utara. Produk UMKM terbaik yang dikurasi tersebut dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi.

Creative hub tersebut juga akan membuka peluang mereka untuk meningkatkan dan memperluas pasar. Produk-produk yang ditampilkan juga harus dikurasi dulu,” ujar Sandiaga, Jumat (5/3).

“Kita juga akan jalankan digitalisasinya sehingga produk mereka tidak hanya ditampilkan di sini, tapi juga masuk di marketplace dengan QR Code.” lanjutnya.

Diketahui, PT Angkasa Pura I tengah melakukan perluasan Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Minggus E.T Gandeguai, General Manager Angkasa Pura I, mengatakan, progres perluasan bandara ini telah mencapai 80 persen.

“Kapasitas awal bandara ini 2,5 juta penumpang per tahun, dan setelah perluasan akan menjadi 5,3 juta penumpang dengan luas akhir 57.296 meter persegi, dari awalnya hanya 26.481 meter persegi. Targetnya harus jadi tahun ini,” ujar Minggus.

Dengan adanya perluasan bandara ini, Sandiaga berharap akan menjadi momentum perbaikan ekonomi di Sulawesi Utara, dan menjadi tonggak untuk bangkit kembali.

“Kita akan bekerja dengan 3G, yaitu. Gercep, Geber, dan Gaspol untuk bertahan dan bangkit,” ujar Sandiaga.

“Dengan bandara ini kita ingin menunjukkan tonggak atau milestones bahwa pembangunan infrastruktur ini akan membangkitkan kembali pariwisata dan perekonomian Sulawesi Utara. Kita bersama-sama akan upayakan agar penyelesaian perluasan tepat waktu, tepat manfaat, dan tepat sasaran. On time, on track dan on budget,” kata Sandiaga. (EA)

https://www.youtube.com/c/angkasapuraairports/featured