Alphabet Hasilkan Pendapatan Lebih dari Youtube dan Penulusuran

Alphabet Hasilkan Pendapatan Lebih dari Youtube dan Penulusuran
Alphabet Hasilkan Pendapatan Lebih dari Youtube dan Penulusuran

Jakarta, Itech- Perusahaan induk Google, Alphabet merilis hasil kuartal keempat tahun 2020. Perusahaan menghasilkan $ 56,9 miliar pada pada 31 Desember, yang merupakan peningkatan 23 persen dari $ 46,1 miliar yang tercatat tahun lalu.
“Didorong oleh hasil Penelusuran dan YouTube, karena aktivitas konsumen dan bisnis pulih dari awal tahun”, ucap Kepala keuangan Ruth Porat.

Baca Juga: Gojek Luncurkan GoClub

Baca Juga: Perkiraan IHSG Hari Ini, Berpeluang Menguat Tapi dalam Ketidakpastian


Dari $ 56,9 miliar yang dihasilkan kuartal ini, $ 52,9 miliar berasal dari Layanan Google, $ 3,8 miliar dari Google Cloud. Sementara itu, $ 196 juta dibuat dari divisi lainnya. Secara total, Alphabet menghasilkan $ 182,5 miliar pada tahun 2020.
Pada kuartal keempat tahun 2020, pendapatan “Google Search & Other” mencapai $ 31,9 miliar, sementara iklan YouTube meraup $ 6,9 miliar.

Baca Juga: Paylater Kredivo Bermitra dengan Zalora

Baca Juga: Gus Muftah Ceramahi Abu Janda Soal Islam Argoran


Di YouTube, Pichai mengatakan perusahaan telah melihat dua tren penting, yaitu video langsung dan media pendek seperti dilansir dari engadget.com pada Rabu (03/02). Dia mengatakan bahwa lebih dari setengah juta saluran disiarkan langsung di YouTube untuk pertama kalinya tahun lalu. Kemudian video pada pemutar Shorts baru menerima tiga setengah miliar penayangan setiap hari.
Meskipun Alphabet mengalami penurunan pendapatan pada kuartal kedua tahun 2020 karena pandemi, Alphabet jelas bangkit kembali dengan kinerja yang kuat. (DAF)