Jakarta, Itech- Adjust, platform mobile marketing analytics global, baru saja meluncurkan laporan tren mobile app tahunan, yang menunjukkan bahwa pertumbuhan mobile app terus mengalami akselerasi di seluruh dunia pada tahun 2021. Setelah mengalami perubahan industri dan guncangan akibat pandemi selama setahun, app ecosystem mengalami pertumbuhan instalasi dan sesi di seluruh industri. Menurut data Adjust, aplikasi fintech, e-commerce dan game unggul dan berhasil meraih pendapatan dalam aplikasi bulanan yang memecahkan rekor di tahun 2021.
Peluncuran iOS 14.5 Apple dan AppTrackingTransparency (ATT) framework di bulan April 2021 telah mendorong industri mobile marketing untuk menilai kembali cara mereka menangani privasi pengguna dan pelacakan. Walaupun estimasi awal menggunakan hipotesis bahwa tingkat persetujuan di seluruh industri hanyalah 5%, data Adjust menunjukkan bahwa angka sesungguhnya sekitar 25% (meningkat dari 16% di bulan Mei 2021) dan aplikasi game bahkan mencapai 30%.
Laporan global — yang didasarkan pada Top 2000 aplikasi menurut Adjust dan dataset aplikasi yang dilacak — menganalisis tren jangka panjang dari segi jumlah instalasi, jumlah sesi, waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi, retensi, tingkat re-atribusi, dan sebagainya di seluruh dunia. Dengan informasi ini, para developer dan marketer dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang audience mereka dan kondisi app economy.
“Terlepas dari tantangan yang terjadi selama setahun terakhir, ekosistem mobile app terus berkembang, ini menunjukkan bahwa industri app marketing sangat kuat dan mudah beradaptasi,” kata Simon “Bobby” Dussart, CEO Adjust. “Agar dapat menjangkau pengguna, para marketer dan tim UA perlu mengandalkan strategi berbasis data untuk meningkatkan retensi dan terus mencari, mengatribusikan, dan mengukur audience baru dan yang ada.”
Comments are closed.