Dltledgers Ciptakan Surat Tanda Terima Barang Digital atau Bill of Lading (eBL)

82

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, Itech- Dltledgers, platform blockchain independen terkemuka untuk perdagangan dan digitalisasi rantai pasokan yang berkantor pusat di Singapura, pada (30/4) mengumumkan peran kunci mereka dalam uji coba Bill of Lading (eBL) elektronik antara dua pelabuhan internasional tersibuk di dunia. Didukung oleh Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura, uji coba tersebut menandai tonggak penting menuju transformasi sektor pelayaran dan maritim serta digitalisasi rute perdagangan Eropa-Timur Jauh (Far East) yang dilayani oleh kedua pelabuhan.

Perkembangan ini dipamerkan pada Konferensi Teknologi Maritim Singapura 2021 baru-baru ini, di mana Menteri Senior Negara untuk Transportasi dan Urusan Luar Negeri Chee Hong Tat dalam pidatonya menyoroti keberhasilan penyelesaian uji coba Bill of Lading (eBL) elektronik antara Singapura dan Rotterdam.

“Industri pelayaran internasional saat ini menderita karena kurangnya transparansi, ketidakefisienan, kesalahan, dan penundaan, yang menyebabkan hilangnya pendapatan yang serius. Uji coba yang berhasil ini telah memvalidasi teknologi kami. Platform dltledgers yang inovatif memungkinkan digitalisasi rantai pasokan maritim melalui Bill of Lading (eBL) elektronik, “kata Samir Neji, Pendiri dan CEO dltledgers.

Pemrosesan salinan fisik Bills of Lading (BLs) secara historis menjadi hambatan, menghambat efisiensi dan produktivitas yang lebih besar di sektor maritim. Uji coba eBL kini telah menunjukkan nilai komersial yang nyata dan menghemat waktu, dari rata-rata enam hingga sepuluh hari untuk salinan dalam bentuk cetak, menjadi kurang dari 24 jam saat menggunakan eBL.

Kunci keberhasilan uji coba adalah penerapan teknologi yang inovatif. Platform yang kuat dan gesit yang didukung oleh teknologi blockchain digunakan untuk pertukaran dokumen perdagangan elektronik, memberikan semua pihak dalam rantai pasokan bukti keaslian. Platform yangaman dengan mudah diintegrasikan dan diakses oleh setiap entitas yang berpartisipasi, menunjukkan interoperabilitas transfer hak milik elektronik antara sistem perdagangan yang berbeda di Singapura dan Belanda.

Platform kami yang mudah diterapkan adalah pembeda utama dalam memastikan penyelesaian uji coba yang berhasil dan tepat waktu. Pemrosesan dan administrasi dokumen perdagangan selalu menjadi proses manual, menambah biaya fisik pengiriman satu kontainer. Platform kami juga mengurangi risiko penipuan dibandingkan dengan bentuk tradisional di mana dokumen harus dikirimkan atau diserahkan secara fisik dari satu pihak ke pihak lain, ”tambah Neji.

Sektor maritim dan perkapalan memiliki banyak keuntungan dari teknologi buku besar terdistribusi ini. Sebuah platform tunggal dibangun di atas prinsip blockchain, buku besar terdistribusi memusatkan informasi dari berbagai sumber. Keamanan dan visibilitas bawaannya mengarah pada pengurangan kesalahan secara drastis dan mencegah penipuan dan pembiayaan ganda.

Dalam pidatonya, Menlu juga mengumumkan peluang bagi para startup untuk mengajukan skema hibah baru yang didukung oleh Maritime and Port Authority of Singapore (MPA), bekerja sama dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA) dan Digital Container Shipping Association. Hibah ini memungkinkan perdagangan digital dengan menghilangkan kebutuhan akan dokumen berupa salinan dalam bentuk cetak dengan inefisiensi yang melekat. Selain itu, pemerintah mendorong penyedia solusi industri untuk melangkah maju untuk mengembangkan dan membagikan proposal mereka untuk adopsi industri yang lebih luas dari inisiatif digitalisasi di sektor maritim.

Dtlledgers adalah pengembang platform yang berpusat pada pelanggan terkemuka di dunia untuk mendigitalkan perdagangan lintas batas dan rantai pasokan. Selain berhasil mengembangkan Bill of Lading elektronik, dtlledgers juga bekerja pada platform agregator pasar yang menyatukan penyedia keuangan alternatif dan usaha kecil dan menengah (UKM) yang membutuhkan modal kerja dan pembiayaan perdagangan untuk menjalankan bisnis mereka. “Ekosistem perdagangan lintas batas harus melakukan perubahan besar menuju digitalisasi. Ini adalah kesempatan bagi perusahaan Singapura seperti kami untuk menjadi bagian dari agenda internasional untuk mendorong perubahan positif di industri maritim dan perkapalan, ”tambahnya. (red)

Adsense
Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More