Dijamin Lancar Sosmed-an, Ini Cara Agar WiFi Lebih Kencang

52

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Sangat membantu banyak orang ketika koneksi jaringan internet WiFi cepat dan stabil. Terlebih untuk para pekerja atau pelajar yang seluruh kegiatannya terhubung secara online, jaringan internet yang kencang adalah kunci. Akan tetapi, masih banyak sejumlah kasus di mana jaringan internet WiFi tiba-tiba menjadi lemot dan tidak stabil. Hal ini tentunya sangat mengganggu.

Namun kamu tak perlu khawatir. Sebab, ada sejumlah faktor yang menyebabkan koneksi WiFi jadi lemot dan sering terputus.

Lantas, bagaimana cara agar koneksi internet WiFi menjadi kencang? Berikut merupakan tipsnya.

Cara Agar Koneksi Internet WiFi Lebih Kencang
Masih banyak orang yang mengeluh kalau koneksi internet WiFi miliknya lemot dan tidak stabil. Tapi jangan emosi dulu, berikut sejumlah cara agar koneksi internet WiFi jadi kencang.

1. Ketahui Penempatan Router WiFi
Penempatan router WiFi ternyata mempengaruhi koneksi jaringan internet, lho. Dilansir situs CNET, jika menempatkan router WiFi di pojokan rumah maka kemungkinan sinyal WiFi yang ditangkap oleh gadget jadi sedikit dan tidak stabil. Alhasil, koneksi internet jadi lemot.

Idealnya, kamu bisa menempatkan router WiFi berada di tengah-tengah rumah yang terbuka dan jauh dari perangkat elektronik lainnya. Semakin banyak dinding, pintu, atau penghalang lainnya di dekat router, maka sinyal WiFi yang dipancarkan semakin sulit.

2. Hindari Benda Besar di Sekitar Router WiFi
Salah satu faktor mengapa koneksi internet WiFi menjadi lemot bisa jadi karena meletakan router di dekat benda besar, seperti lemari atau kulkas.

Soalnya, router WiFi sulit memancarkan sinyal jika terhalang oleh benda-benda besar. Selain itu, asa sejumlah perangkat elektronik yang harus dihindari, seperti microwave dan TV. Sebab, kedua benda itu memancarkan sinyal kuatnya sendiri.

3. Reboot Router WiFi
Kalau koneksi internet dirasa masih kurang stabil dan kencang, cobalah untuk melakukan reboot router WiFi. Hal ini dilakukan untuk membersihkan memori sekaligus merefresh koneksi internet.

Cara reboot router WiFi juga mudah, yakni dengan mencabut modem dan router dari stop kontak. Setelah itu, tunggu sekitar 15-20 detik, baru kemudian colokan lagi ke stop kontak.

Adsense

Tunggu beberapa menit sampai router WiFi kembali normal. Jika sudah, kini detikers perlu melakukan pengujian tes kecepatan internet (speed test) untuk membuktikan apakah koneksi sudah stabil apa belum.

4. Cek Kabel WiFi
Beberapa pengguna WiFi mengeluhkan kalau koneksi internetnya lemot dan tidak stabil. Hal tersebut bisa jadi karena kabel yang digunakan untuk menghubungkan router ke saklar, jack telepon, atau PC sudah rusak atau terlalu tua.

Satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan mengganti kabel dengan yang baru. Pastikan kabel tersebut punya kualitas baik agar tahan lama.

5. Atur Posisi Antena
Pada umumnya, router WiFi telah dilengkapi dengan dua antena. Agar koneksi internet WiFi lebih cepat, coba posisikan kedua antena di router WiFi secara tegak lurus ke atas (vertikal).

Mantan insinyur WiFi Apple, Alf Watt mengatakan perangkat elektronik dapat menangkap sinyal dari router WiFi dengan baik apabila posisi antena pemancar diatur secara tegak lurus dan sejajar.

6. Hubungi Pihak Provider WiFi
Langkah yang terakhir adalah dengan menghubungi pihak provider WiFi. Sampaikan keluhanmu kepada petugas bahwa koneksi internet WiFi milikmu sering lemot dan tidak stabil.

Nantinya, petugas lapangan akan mengecek router WiFi menggunakan alat khusus untuk mengetahui apa penyebab koneksi jaringan internet mendadak lemot.

Demikian enam cara agar koneksi jaringan internet WiFi lebih ngebut dan stabil. Semoga artikel ini dapat membantu.

(Sumber: Detik)

Advertisements

1 Comment
  1. […] Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin koneksi internet WiFi Anda akan lebih kencang, memastikan pengalaman online yang lebih lancar dan produktif. Jangan ragu untuk melakukan langkah-langkah ini secara berkala untuk menjaga performa WiFi tetap optimal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda! […]

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More