Tetap Produktif dan Terhindar Dari Stres, Ini Tips Bagi Karyawan!

122

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta Itech – Hampir semua perusahaan di Indonesia dan beberapa pelaku industri menyediakan layanan 24 jam, dengan itu akan ada sistem shifting bagi karyawannya.

Sistem shifting mengharuskan karyawan perusahaan tersebut bekerja tidak sesuai jam kerja pada umumnya. Para karyawan bisa saja masuk pada pagi atau malam hari tergantung jadwal yang telah ditetapkan. Jika kamu termasuk salah satu karyawan yang bekerja secara shift, kamu tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa menikmati hidup kok.

Mau tau caranya? ini tips bagi karyawan shift agar tetap produktif dan terhindar dari stres.

Sediakan Waktu Untuk Dirimu Sendiri

Di tengah padatnya aktivitas yang kamu jalani, kamu perlu menyediakan waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa meluangkan waktu setidaknya satu jam dalam sehari untuk sekadar melakukan me time. Kamu bisa menghabiskan waktu satu jam tersebut untuk melakukan hal yang kamu sukai. Bisa dengan membaca buku, menulis, memasak, berkebun atau yang lainnya. Usahakan untuk tak memikirkan hal lain termasuk pekerjaan. Dengan begitu kamu akan merasa lebih rileks.

Rencanakan Sebuah Tujuan

Agar kamu bisa melalui hari kerjamu dengan nyaman dan kamu bisa tetap produktif, kamu bisa mulai untuk merencanakan sebuah tujuan. Tujuan yang dimaksud adalah hal menyenangkan apa yang akan kamu lakukan jika kamu telah selesai bekerja. Bisa saja dengan olahraga rutin, makan makanan favorit atau bisa juga mengunjungi destinasi wisata di hari liburmu. Dengan begitu kamu akan lebih semangat dalam bekerja dan terhindar dari kebosanan.

Tata Dengan Rapih Rutinitasmu

Adsense

Agar kamu tetap produktif dan terhindar dari stres, maka kamu bisa membuat jadwal rutinitas. Kamu bisa menentukan kapan kamu harus bersih-bersih kos, belanja bahan makanan, olahraga ataupun aktivitas yang lainnya. Dengan jadwal tersebut, maka kamu tidak akan merasa bingung untuk melepaskan penat setelah bekerja.

Refleksi & Evaluasi Diri

Selain bekerja kamu juga perlu melakukan refleksi diri. Refleksi diri ini bertujuan agar kamu ingat kembali apa tujuan yang sebenarnya ingin kamu capai dan telah sejauh mana kamu berusaha meraihnya. Dengan cara tersebut, maka kamu akan kembali bersemangat dan terhindar dari stres.

Luangkan Waktu untuk Orang Terdekat

Ketika kamu mendapatkan jatah libur kerja, maka kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk quality time bersama orang yang dicintai. Kamu bisa mengunjungi orang tuamu dan mengobrol. Atau kamu juga bisa makan malam atau kencan bersama pasangan. Dengan begitu semangatmu akan hidup kembali dan kamu tidak akan stres memikirkan beban pekerjaan.

Setiap pekerjaan tentu memiliki risiko masing-masing. Namun, kamu perlu yakin bahwa ada beragam cara untuk menghadapi risiko tersebut. Yuk bisa yuk!

MAN

Baca juga : Orbit Future Academy Luncurkan Pelatihan Cloud Computing, AWS re/Start

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More