Menkominfo Dorong AI Perkuat Pertahanan Siber

14

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – Masyarakat Indonesia semakin resah karena peningkatan serangan siber. Menkominfo Budi Arie Setiadi mendorong penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan keamanan siber di tingkat regional.

Seperti dilansir dari okezone, “Perkembangan AI menawarkan peluang besar dalam mendeteksi ancaman siber dengan cepat dan akurat. Pemerintah di berbagai negara, termasuk negara-negara ASEAN, telah memanfaatkan AI untuk meningkatkan keamanan siber,” kata Budi Arie di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Menurut Budi Arie, AI memiliki kemampuan untuk mendeteksi ancaman, menganalisis data dengan cepat, dan menandai tindakan siber yang mencurigakan. Malaysia, Singapura, dan Thailand telah menggunakan kecerdasan buatan dalam keamanan siber.

Adsense

“Di Malaysia, MyCERT mengintegrasikan AI untuk mendeteksi dan merespons insiden, sementara di Singapura, GovTech memanfaatkan AI dalam pusat operasi keamanan siber. Pemerintah Thailand melakuakn integrasi AI pada sistem keamanan lokal untuk meningkatkan konektivitas,” ujarnya.

Dengan mendorong pengembangan ekosistem AI di Indonesia, Menkominfo berharap dapat memperkuat keamanan siber dan menciptakan ruang digital yang aman dan produktif bagi seluruh masyarakat. Tujuan ini adalah untuk mengatasi rendahnya kesadaran masyarakat terhadap keamanan siber, terutama di daerah terpencil.

Kata cyber sendiri merujuk pada segala hal yang berkaitan dengan dunia digital dan jaringan komputer, termasuk sistem informasi, komunikasi, dan keamanan siber. Menurut Bruce Schneier, seorang ahli keamanan siber, “Cybersecurity is not a product, but a process that requires continuous management and improvement” (Schneier, 2015).

Advertisements

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More