Mulai Langkah Baru, LG Garap Bisnis Sofware Otomotif

13

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.idLG merupakan perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang tidak perlu lagi diragukan kehebatannya, terutama dalam peralatan home appliance atau yang kita kenal dengan rumah tangga. Namun kini, Valentin Janiaut mengumumkan bahwa LG memulai langkah barunya untuk memasuki pasar yang jauh lebih luas.

LG memperkenalkan SDV atau Software-Defined Vehicle, yang konsepnya, memiliki kesadaran sepenuhnya dari perangkat lunak, memungkinkan pengemudinya untuk mengakses berbagai macam fitur dan fungsi melalui sistem yang telah terintegrasi. Bisnis LG ini, dalam konteks SDV termasuk pada pengembangan solusi perangkat lunak bernama AlphaWare.

Seperti dilansir dari Kompas, “Melalui SDV, LG ingin untuk mengubah kendaraan menjadi ruang pribadi yang lebih terhubung dan tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai platform untuk tempat bekerja dan bersantai,” kata Valentin dalam acara LG Global Media Tour 2024, di Seoul, Korea Selatan, Rabu (25/9/2024).

Dengan SDV, LG berupaya untuk memperkuat posisinya di industri otomotif dengan menawarkan teknologi untuk mempercepat transisi menuju kendaraan yang lebih pintar dan terintegrasi. AlphaWare sendiri terdiri dari sejumlah modul perangkat lunak yang ditujukan untuk meningkatkan sistem operasi kendaraan yang ada.

Adsense

Ada lima bagian utama dari AlphaWare, pertama adalah PlayWare. Ini adalah sebuah platform hiburan di dalam kendaraan yang bisa menyajikan konten high definition. Kedua adalah MetaWare yang bisa meningkatkan pengalaman berkendara dengan memanfaatkan teknologi augmented-reality dan mixed-reality untuk menyampaikan informasi.

Ketiga adalah VisionWare, yaitu platform AI yang bisa menganalisis perilaku pengemudi dan penumpang melalui sistem pemantauan yang menggunakan algoritma AI dan kamera. Kemudian keempat adalah BaseWare. Ini adalah “backbone” atau bagian utama dari rangkaian perangkat lunak AlphaWare. Terakhir adalah OpsWare. Ini bisa dibilang adalah platform operasi pusat. OpsWare bertugas untuk memastikan bahwa semua solusi saling terintegrasi dengan baik dalam satu ekosistem.

“Jika Anda beli mobil baru sekarang, kemungkinan besar mobil yang Anda beli sudah ada ‘LG-nya’ di sana,”seperti dilaporkan Yudha Pratomo dari KOMPAS.com pada Rabu. Valentin juga mengatakan bahwa pada tahun 2030, perangkat lunak akan menjadi salah satu faktor yang meningkatkan nilai mobil dan nilai jual. Ia bahkan memprediksi bahwa peran perangkat lunak akan menjadi lebih besar dan menjadi salah satu faktor yang meningkatkan nilai mobil. “Kami ingin menjadi pemain software penting di pasar,” tutup Valentin.

 

 

 

 

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More