Aset Pertamina Tumbuh 32 Persen Pasca Restrukturisasi

7

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – PT Pertamina (Persero) mencatat pertumbuhan signifikan dalam aset perusahaan pasca restrukturisasi organisasi dan bisnis yang dilakukan sejak tahun 2020. Hingga akhir tahun 2023, aset Pertamina meningkat hingga 32 persen, mencapai USD 91,1 miliar atau setara Rp1.390 triliun. Pertumbuhan ini diprediksi akan terus berlanjut seiring dengan peningkatan operasional perusahaan di sektor energi.

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication PT Pertamina, menyatakan bahwa pertumbuhan aset ini terutama didorong oleh peningkatan aset tetap dan perluasan pengelolaan properti di sektor minyak & gas serta panas bumi yang dikelola oleh Pertamina Group.

“Sejak restrukturisasi organisasi, kinerja keuangan dan operasional di seluruh lini baik holding dan subholding semakin solid dan andal sehingga mendorong pertumbuhan aset Perusahaan,” ujar Fadjar.

Berdasarkan Laporan Tahunan Pertamina tahun 2023, aset Pertamina secara historis pada tahun 2020 tercatat USD 69,14 miliar, kemudian bertumbuh menjadi USD 78,05 miliar pada 2021. Jumlah aset tersebut naik kembali menjadi USD 87,8 miliar tahun 2022, dan pada akhir tahun 2023 aset Pertamina telah mencapai USD 91,1 miliar atau setara Rp1.390 triliun.

“Pertamina akan terus melakukan optimalisasi aset dan operational excellence untuk mendorong kinerja positif Perusahaan secara berkelanjutan,” imbuh Fadjar.

Adsense

Pertamina, imbuh Fadjar, akan terus menjalankan program Cost Optimization di seluruh Pertamina Grup untuk menunjukkan kinerja bisnis perusahaan semakin gesit, lincah dan efisien.

“Keberhasilan dalam optimalisasi aset dan efisiensi sangat berperan dalam mendukung peningkatan pendapatan dan laba perusahaan,” tandas Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Sumber: www.pertamina.com

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More