Ini Cara Lacak Posisi Bus TJ secara Real-Time di Google Maps

12

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Google Maps kini memiliki tambahan fitur yang memudahkan pengguna dalam menggunakan transportasi bus TransJakarta (TJ). Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk melacak posisi bus TJ secara langsung melalui aplikasi Google Maps. Tak hanya bus TJ, informasi posisi transportasi umum lainnya seperti MikroTrans atau angkot juga dapat diakses secara real-time melalui platform ini. Kemampuan baru ini tentunya menarik perhatian pengguna yang ingin memantau pergerakan bus TransJakarta secara langsung.

Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengetahui estimasi waktu kedatangan bus TransJakarta di halte keberangkatan dan perkiraan waktu sampai di halte tujuan. Dengan adanya pembaruan ini, pengguna juga dapat melihat posisi terkini bus TJ sesuai rutenya di Google Maps. Tentu saja, hal ini akan menjadi informasi yang berguna bagi mereka yang ingin merencanakan perjalanan dengan bus TransJakarta.

Proses pelacakan posisi bus TransJakarta di Google Maps sangatlah sederhana. Pengguna hanya perlu mengakses aplikasi Google Maps di ponsel mereka, kemudian mencari halte bus TJ yang akan menjadi titik keberangkatan. Setelah menemukan halte yang diinginkan, cukup dengan mengklik ikon halte bus TJ di peta Google Maps. Dengan begitu, informasi terkait posisi bus TJ beserta nomornya akan ditampilkan dalam jendela baru, lengkap dengan rute yang akan dilalui oleh bus tersebut.

Dalam jendela tersebut, pengguna dapat memilih bus TJ yang sesuai dengan rute tujuan mereka. Google Maps akan menampilkan jadwal keberangkatan bus TJ di halte yang dipilih serta estimasi waktu kedatangan di halte tujuan. Penting untuk dicatat bahwa jadwal tersebut akan menampilkan label “Live” yang menandakan bahwa posisi bus sedang dilacak secara real-time. Selain itu, pengguna juga akan melihat ikon bus yang bergerak sesuai dengan pergerakan bus TJ secara langsung di sepanjang rute yang dipilih.

Adsense

Proses ini memberikan kejelasan bagi pengguna saat ingin naik bus TJ karena mereka dapat melihat jadwal dan posisi bus secara langsung. Informasi yang akurat dan terkini ini tentunya sangat membantu dalam perencanaan perjalanan menggunakan transportasi umum di Jakarta. Selain itu, Google Maps juga menyediakan fitur rekomendasi perjalanan dengan transportasi umum, memungkinkan pengguna untuk menentukan bus TJ mana yang harus mereka ambil untuk mencapai lokasi tujuan mereka.

Bagi pengguna yang ingin membuat rute perjalanan dengan bus TJ di Google Maps, prosesnya pun cukup mudah. Mereka hanya perlu membuka aplikasi Google Maps, mengatur rute perjalanan dengan memasukkan alamat keberangkatan dan tujuan, lalu memilih ikon bus untuk melihat rute perjalanan dengan bus TransJakarta. Informasi detail seperti petunjuk halte keberangkatan, nomor bus TJ, halte tujuan, estimasi biaya, dan estimasi waktu tiba di tujuan akan ditampilkan secara lengkap.

Fitur pelacakan lokasi bus TJ secara real-time ini telah tersedia pada Google Maps versi 6.115.1 untuk iOS. Pengguna Android dan iOS dapat mengakses fitur ini dengan memperbarui aplikasi Google Maps melalui toko aplikasi resmi yang tersedia di ponsel mereka. Dengan demikian, pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur terbaru dari Google Maps untuk merencanakan perjalanan mereka dengan lebih efisien menggunakan transportasi umum di Jakarta.

(Sumber: Kompas)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More