Ini Cara Cek Lokasi HP Lewat Email dengan Mudah

9

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Melalui lokasi login Gmail, lokasi handphone (HP) yang hilang dapat dilacak. Cara ini dapat dicoba asal diketahui nama dan password Gmail yang terdaftar dalam HP tersebut.

Cara cek lokasi HP lewat email juga memerlukan perangkat lain, misal HP lain atau laptop. Keduanya untuk memantau keberadaan HP yang hilang dan diusahakan kembali kepada pemiliknya.

Cara Cek Lokasi HP Lewat Email
Lokasi HP yang hilang dapat diketahui melalui fitur Find My Device dari Google. Menurut laman support Google, fitur ini juga bisa dilakukan untuk mengunci dan menghapus data HP yang hilang

Cara 1
Dalam menggunakan Find My Device, perangkat harus aktif dan terhubung dengan akun Google. Perangkat juga harus terkoneksi dengan internet serta GPS. Berikut langkahnya:

  1. Buka chrome lewat perangkat HP/ tablet/ PC/ laptop
  2. Buka situs google.com/android/devicemanager jika menggunakan HP atau https://www.google.com/android/find jika menggunakan pc atau laptop.
  3. Sign In akun gmail, masukkan alamat email beserta password
  4. Google akan melacak lokasi HP yang terhubung dengan akun gmail
  5. Dalam fitur Find My Device, nantinya akan muncul peta yang memperkirakan titik lokasi ponsel. Ditampilkan pula tipe HP beserta waktu terakhir HP diaktifkan dengan persentase sisa baterai
  6. Pada HP yang dicari akan mendapatkan notifikasi pada layar.

Cara 2
Cara kedua tak jauh berbeda dengan cara pertama. Langkah ini dilakukan dengan membuka akun Gmail lebih dahulu

  1. Login ke akun Gmail yang ada di HP melalui browser di PC atau laptop
  2. Klik ikon 9 titik yang tersusun 3 x 3 di kanan atas
  3. Klik opsi Akun kemudian klik Keamanan
  4. Cek informasi perangkat yang mempunyai akses Gmail
  5. Pilih HP yang ingin dicari lokasinya
  6. Klik opsi Cari Perangkat, kamu akan diarahkan ke fitur Find My Device oleh Google
  7. Fitur ini bisa memperkirakan lokasi terakhir HP.

Fitur di dalam Find My Device
Dalam Find My Device, selain menggunakan pata, ada beberapa fitur lainnya yang bisa dipilih untuk mencari handphone yang hilang. Berikut di antaranya:

Adsense

1. Play Sound
Secure device adalah fitur untuk menderingkan perangkat dengan volume penuh selama 5 menit. Hal ini bisa dilakukan meski handphone disetel senyap atau getar.

2. Secure Device
Secure Device memungkinkan kamu mengunci perangkat dengan PIN atau kata sandi. Untuk membantu orang yang menemukan HP mengembalikannya, kamu bisa menambahkan pesan ke layar kunci.

3. Factory Reset Device
Fitur ini memungkinkan untuk menghapus dan mengatur ulang perangkat. Langkah ini bisa menghapus semua data yang ada di perangkat secara permanen.

Itulah beberapa cara cek HP yang hilang lewat email. Selamat mencoba.

(Sumber: Detik)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More