Peruri Jadi Garda Terdepan Transformasi Digital Pemerintah Sebagai GovTech Indonesia

300

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – Pemerintah terus mempercepat transformasi digital untuk mewujudkan visi Indonesia Maju 2045. Sejalan dengan visi ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mempercayakan Peruri untuk menjalankan peran strategis sebagai GovTech Indonesia.

“Penunjukkan Peruri sebagai GovTech Indonesia tidak terlepas dari keberhasilannya dalam menjalankan transformasi digital selama beberapa tahun terakhir. Peruri mempunyai kapasitas dan kapabilitas Peruri sebagai perusahaan teknologi, khususnya di bidang security digital” ujar Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya dalam siaran persnya, Jumat (26/04/2024).

Sebagai GovTech Indonesia, Peruri diberikan mandat untuk mengintegrasikan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) prioritas layanan milik Kementerian dan Lembaga Pemerintah melalui satu portal nasional, meliputi: Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Layanan Bantuan Sosial, Layanan Administrasi Kependudukan, Layanan Transaksi Keuangan Negara, Layanan Administrasi Pemerintahan, Layanan Portal Layanan Publik, Layanan Satu Data Indonesia, dan Layanan Kepolisian.

Dengan mengutamakan integrasi dan interoperabilitas, Peruri berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya bagi seluruh masyarakat untuk mendukung empat pilar utama dalam transformasi digital, yakni infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital. Empat pilar ini harus berjalan secara sinergis bersama-sama untuk mewujudkan Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Peruri yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah, juga telah sukses menjalankan amanat dalam pembuatan meterai elektronik. Inovasi ini telah merangkul digitalisasi dalam bidang perpajakan dan bea meterai, memberikan kontribusi positif dalam mempercepat proses administratif dan meningkatkan efisiensi.

Penunjukkan Peruri sebagai GovTech Indonesia bukan sekadar pilihan strategis, tetapi juga bentuk keyakinan pemerintah pada kemampuan Peruri dalam menjalankan misi krusial ini. Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan pengalaman yang teruji, Peruri siap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang digital, terintegrasi, dan memberikan layanan publik yang terbaik.

Peruri memahami pentingnya sumber daya manusia berkualitas dalam mewujudkan visi GovTech Indonesia. Saat ini digital talent Peruri mencapai 100% yang telah tersertifikasi. Pencapaian ini menjadikan Peruri sebagai BUMN peringkat kedua di antara seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan talenta terbaik untuk mendukung transformasi digital pemerintah.

Berkaca pada portofolio digital capabilities yang kuat, Peruri siap menjalankan tugas sebagai GovTech Indonesia, untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital, memberikan solusi yang inovatif, dan mendukung visi pemerintah menuju pelayanan publik yang lebih efisien dan terpercaya.

Adsense

Perjalanan Transformasi Peruri

Didirikan pada 1971, Peruri memiliki tugas utama mencetak uang rupiah dan dokumen sekuriti lainnya milik negara seperti pita cukai, meterai, paspor dan dokumen pertanahan. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, Peruri berupaya agar tetap relevan terhadap perubahan tersebut dengan cara terus berinovasi untuk menciptakan ide-ide dan layanan terkini. Peruri berupaya melakukan transformasi dari yang awalnya hanya bergerak di bidang security printing menjadi perusahaan security digital terkemuka.

Upaya transformasi yang dijalankan Peruri didukung dengan adanya regulasi terbaru dari pemerintah yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2019, dimana regulasi ini memperluas ruang lingkup kegiatan usaha Peruri untuk dapat menyediakan jasa digital sekuriti dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sepanjang dapat memberikan manfaat bagi perusahaan.

Tonggak awal perjalanan transformasi digital Peruri ditandai dengan masuknya Peruri sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada 2019. Saat ini status Peruri sebagai PSrE Berinduk artinya Peruri telah melewati berbagai tahapan sertifikasi dan kelaikan oleh Tim Pengawas Penyelenggaraan Sertifikat Elektronik. PSrE status Berinduk adalah level paling tinggi dan paling layak dipercaya untuk menjalankan jasa sertifikasi digital.

Transformasi yang dijalankan Peruri bukan berarti meninggalkan bisnis utamanya di bidang security printing. Akan tetapi dengan peningkatan kapabilitasnya, Peruri mampu bersaing ke dalam bisnis security digital dengan tetap berada pada kompetensi utamanya sebagai penjamin keaslian. Pada bisnis security printing, Peruri menggunakan fitur-fitur keamanan untuk menjamin keaslian produk dan mencegah upaya pemalsuan. Sedangkan pada bisnis digital, Peruri tidak hanya menjaminkan keaslian produk dan dokumen tetapi juga menjaminkan keaslian pihak-pihak yang bertransaksi di dunia virtual melalui pembuatan Digital ID yang terintegrasi dengan data referensi milik pemerintah.

Dengan komitmen yang kuat dari manajemen, Peruri berhasil meluncurkan produk digitalnya pada akhir 2019 dan telah berhasil diterima oleh banyak pihak hingga saat ini. Keberhasilan Peruri menciptakan solusi digital berbuah kepercayaan tambahan dari pemerintah–dalam hal ini adalah Direktorat Jenderal Pajak untuk membuat dan mendistribusikan meterai elektronik sebagai bentuk digitalisasi di bidang perpajakan bea meterai. Konsistensi dan improvement Peruri menjalankan bisnis digital membuat Pemerintah turut mempercayai Peruri untuk ikut berkontribusi dalam proyek Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Saat ini Peruri tidak hanya sebatas perusahaan percetakan dokumen sekuriti, namun juga menawarkan solusi penjaminan keaslian dan autentikasi produk digital. Transformasi ini dilakukan dengan memanfaatkan bisnis yang belum dimiliki dengan tetap membawa value proportion perusahaan sebagai perusahaan teknologi penjamin keaslian. Peruri tidak berpindah bisnis, melainkan terus berinovasi dan meningkatkan kapabilitasnya agar tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Sumber: peruri.co.id

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More