Bank BTN Borong Penghargaan Digitech Award 2024

31

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Itechmagz – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) berhasil memborong 4 penghargaan sekaligus di ajang penganugerahan bergengsi Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2024 yang diadakan oleh Majalah Itech yang dilaksanakan di Hotel Mulia Jakarta, pada Kamis (04/04/2024).

Adapun keempat kategori penghargaannya yaitu The Greatest Champions of Digital Transformation & Innovation of The Year 2024 (Banking Industries), The Best IT Leadership 2024, The Best Chief Information Technology Officer of The Year yang diraih oleh Direktur Information Technology Bank BTN Andi Nirwoto dan The Best CEO for Corporate Digital Transformation of The Year yang diraih oleh Direktur Utama Bank BTN Nixon Napitupulu.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi yang menjadi Dewan Juri Digitech Award 2024 dalam proses penjurian, bahwa Bank BTN dinilai telah mengimplementasikan Teknologi Digital dalam melakukan Transformasi Bisnis yang dijalankan perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut dapat bertahan dan memberikan pelayanan yang prima untuk customer di seluruh Indonesia.

Sebagai Bank BUMN yang fokus dalam pembiayaan perumahan, Bank BTN kini menerapkan 6 inisiatif strategis yang bersifat fundamental untuk pengembangan bisnis perseroan ke depan. Hal ini sebagai langkah Bank BTN bertransformasi untuk menjadi bank modern dan kekinian dalam mengikuti pesatnya perkembangan era digital saat ini.

Adapun 6 inisiatif strategis tersebut meliputi, sentralisasi proses kredit konsumer dan komersial, sentralisasi proses operasional ke wilayah dan kantor pusat, optimalisasi kantor cabang pembantu (KCP) yang tidak produktif, implementasi sales center yang fokus pada penjualan KPR emerging affluent, implementasi KCP UMKM serta implementasi pengembangan BTN Mobile dan Digital Mortgage Ecosystem.

Adsense

Salah satu transformasi terbesar yang sukses dijalankan Bank BTN adalah mengubah fungsi kantor cabang menjadi lebih fokus kepada bisnis daripada kegiatan operasional. Bank BTN juga melakukan substitusi layanan ke digital channel dengan menutup outlet dan KCP yang dinilai tidak produktif. Sejak 2019 BTN menutup 157 outlet dan KCP tidak produktif, dari semula berjumlah 769 jumlah outlet dan KCP menjadi hanya 612 outlet dan KCP.

Ketua Penyelenggara Digital Technology & Innovation Award 2024 Irnanda Laksanawan Ph.D, menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Information & Communication Technology (ICT), Pengembangan Digital, dan Innovation. Ia juga berharap bahwa tujuan dari award ini yaitu untuk mendapatkan perusahaan yang unggul dan cepat menyesuaikan diri terhadap tantangan yang terus berkembang dalam dunia teknologi.

Irnanda menambahkan, bahwa saat ini waktunya membuktikan implementasi dari transformasi digital sebagai penyelamat ekonomi, bisnis, dan pelayanan masyarakat. Karena melalui transformasi digital, perusahaan bisa mendapatkan cara pandang baru dalam mengelola perusahaan, mengoptimalkan operasional perusahaan, serta mengubah model bisnis menjadi lebih efisien.

“Sebab, di era Industri 4.0 ini, teknologi digital bukan lagi sebuah pendukung bagi kehidupan, tapi kini sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Mau komunikasi, makan, belanja ini itu, bayar tagihan, transfer, belajar, dan kebutuhan lainnya kini sudah tak repot-repot lagi. Cukup klik di perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS kita masing-masing,” katanya.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More