Ini Cara Agar HP Lebih Aman dari Serangan Hacker

21

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Smartphone menjadi target atau sasaran serangan siber karena fungsi pentingnya sebagai pemegang data pribadi dan aktivitas keseharian. Mari simak cara aman agar terhindar dari ancaman peretasan tersebut.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky sebelumnya mendeteksi peningkatan serangan siber terhadap pengguna smartphone yang sepanjang 2023 mencapai 33.790.599 serangan.

Angka tersebut naik hingga 50 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 22.255.956 serangan sepanjang 2022.

Ancaman paling umum terhadap perangkat seluler adalah adware, mencakup 40,8 persen dari seluruh ancaman yang terdeteksi.

Adware atau advertising supported software adalah perangkat lunak yang mendistribusikan atau menayangkan iklan online berbentuk pop-up secara otomatis dan tanpa henti.

Adsense

Penjahat siber sering mendistribusikan ancaman seluler melalui toko aplikasi resmi maupun yang tidak resmi. Tahun lalu, para ahli Kaspersky mengamati banyak aplikasi berbahaya yang menyusup ke Google Play.

Salah satu penyamaran paling umum pada tahun 2023 adalah aplikasi investasi palsu yang mengandalkan taktik rekayasa sosial untuk mengekstrak data pribadi dari pengguna, terutama nomor telepon dan nama lengkap.

Data ini kemudian ditambahkan ke database yang digunakan untuk penipuan via telepon.

Berikut cara agar terhindar dari ancaman serangan ke smartphone:

  • Unduh aplikasi hanya dari toko resmi seperti Apple App Store, Google Play, atau Amazon Appstore. Meski aplikasi dari toko resmi tidak 100 persen aman dari kegagalan, namun setidaknya aplikasi tersebut diperiksa oleh perwakilan toko dan terdapat sistem penyaringan, karena tidak semua aplikasi dapat masuk ke toko ini.
  • Periksa izin aplikasi yang digunakan dan pikirkan matang-matang sebelum mengizinkan suatu aplikasi, terutama jika menyangkut izin berisiko tinggi seperti Layanan Aksesibilitas.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal. Hal ini dapat membantu untuk mendeteksi aplikasi dan adware.
  • Perbarui sistem operasi dan aplikasi penting saat pembaruan tersedia. Banyak masalah keamanan yang dapat diselesaikan dengan menginstal perangkat lunak versi terbaru.

(Sumber: CNN Indonesia)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More