Tol Langit, Atasi Kesenjangan Digital di Indonesia

78

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Itechmagz.id – Peluncuran Satelit Multifungsi Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) menjadi salah satu upaya Pemerintah meningkatkan konektivitas dan mengurangi kesenjangan digital di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menjalankan arahan Presiden Joko Widodo untuk pemerataan konektvitas digital dengan menjalankan membangun Base Transceiver Station (BTS), jaringan kabel serat optik Palapa Ring, serta akses internet satelit melalui SATRIA-1.

Peluncuran SATRIA-1 yang akan berlangsung pada 18 Juni 2023 lalu, ditargetkan untuk mengikis kesenjangan digital nasional.  SATRIA-I merupakan kebijakan akselerasi penyediaan internet di desa yang tidak dapat dijangkau teknologi fiber optik dalam 10 tahun ke depan.

Ini merupakan upaya untuk memeratakan pembangunan dan menginklusikan masyarakat dalam ekonomi digital dengan penyediaan internet di area manapun di negeri ini. Prioritas utama penerima akses internet dari SATRIA 1 adalah sektor pendidikan, fasilitas layanan kesehatan, kantor pemerintah daerah, serta TNI dan Polri, seperti dilansir kominfo.go.id (13/06/2023).

Adsense

Akses internet yang disediakan oleh SATRIA-1 akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di lokasi layanan publik yang belum memiliki akses atau mengalami kualitas internet yang belum memadai.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail mengungkapkan SATRIA-1 merupakan satelit milik pemerintah yang akan dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat.

“Masyarakat akan menerima layanan dalam bentuk Wifi yang berada di fasilitas publik seperti sekolah, rumah sakit, kantor pemerintah, TNI, dan Polri.  Nah layanannya itu nanti akan langsung ditujukan pada titik titik pusat layanan. Masyarakat di sekitar yang akan menikmati itu dalam bentuk wi-fi,” katanya.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More