Apple Ditantang Microsoft Jadi Perusahaan Terkaya di Dunia

67

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Belakangan ini terjadi penurunan saham Apple karena kekhawatiran terhadap penjualan iPhone telah membuat perusahaan teknologi kelas berat di Silicon Valley itu terancam diambil alih oleh Microsoft sebagai perusahaan paling berharga di dunia.

Seperti dilansir Tempo, kekhawatiran baru terhadap permintaan ponsel pintar telah mendorong saham Apple turun 4% sejauh ini pada tahun 2024 setelah naik 48% pada tahun lalu. Microsoft naik sekitar 2% tahun ini setelah melonjak 57% pada tahun 2023.

Apple merosot 0,4% pada hari Rabu, sementara Microsoft bertambah 1,6%, semakin mengikis keunggulan produsen iPhone tersebut. Nilai pasar saham Apple kini mencapai $2,866 triliun, dibandingkan dengan nilai Microsoft yang $2,837 triliun.

Kapitalisasi pasar Apple mencapai puncaknya pada $3,081 triliun pada 14 Desember, sementara nilai Microsoft mencapai $2,844 triliun pada 28 November.

Penjualan iPhone di Tiongkok turun 30% pada minggu pertama tahun 2024, kata analis Jefferies dalam catatan kliennya minggu ini, menambah tanda-tanda meningkatnya tekanan persaingan dari Huawei dan pesaing domestik lainnya.

Penjualan headset realitas campuran Vision Pro Apple dimulai pada 2 Februari di Amerika Serikat, menandai peluncuran produk terbesar Apple sejak iPhone pada tahun 2007. Namun, UBS dalam laporannya pada hari Senin memperkirakan bahwa penjualan Vision Pro akan “relatif tidak penting” bagi Apple. Laba per saham Apple pada tahun 2024.

Adsense

Beberapa kali sejak tahun 2018, Microsoft sempat mengambil posisi terdepan atas Apple sebagai perusahaan paling bernilai, terakhir pada tahun 2021, ketika kekhawatiran tentang kekurangan rantai pasokan terkait pandemi COVID-19 menghantam harga saham pembuat iPhone tersebut.

Kedua saham teknologi tersebut terlihat relatif mahal dalam hal harga dibandingkan pendapatan yang diharapkan, yang merupakan metode umum dalam menilai perusahaan publik. Apple diperdagangkan pada forward PE sebesar 28, jauh di atas rata-rata 19 selama 10 tahun terakhir, menurut data LSEG. Microsoft memperdagangkan pendapatan ke depan sekitar 31 kali lipat, di atas rata-rata 10 tahun sebesar 24 kali lipat.

Dalam laporan triwulanan terbarunya di bulan November, Apple memberikan perkiraan penjualan untuk kuartal liburan yang tidak sesuai ekspektasi Wall Street, karena lemahnya permintaan untuk iPad dan perangkat wearable.

Analis rata-rata melihat Apple membukukan pendapatan naik 0,7% menjadi $117,9 miliar untuk kuartal Desember, menurut LSEG. Hal ini akan menandai peningkatan pendapatan pertama mereka dari tahun ke tahun dalam empat kuartal. Apple melaporkan hasilnya pada 1 Februari.

Analis melihat Microsoft melaporkan peningkatan pendapatan sebesar 16% menjadi $61,1 miliar, didorong oleh pertumbuhan berkelanjutan dalam bisnis cloud-nya ketika melaporkannya dalam beberapa minggu mendatang.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More