Kebijakan Baru WhatsApp 2024, Pencadangan di G-Drive Mirip iCloud

69

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Memasuki awal tahun 2024, pengguna android bersiap dihadapkan perubahan sistem cadangan WhatsApp yang baru. Pencadangan ini dirumorkan akan menghabiskan penyimpanan di Google Drive pengguna.

Seperti dilansir Tempo, pada akhir tahun 2023 kebijakan ini telah diumumkan ke publik meskipun tidak ada jadwal resmi untuk pencadangan ini. Namun, pengguna aplikasi versi beta sudah merasakan perubahan itu.

Pencadangan WhatsApp mencakup ke cadangan riwayat obrolan, gambar, video dan audio. Nantinya akan disimpan di kuota Google Drive pengguna. Terlepas dari kebijakan ini gratis atau tidaknya, perusahaan WhatsApp tetap menyebut perubahan tetap dilakukan.

Kebijakan pencadangan ini hampir sama dengan iCloud di Apple. Jadi pengguna tidak bisa terlalu boros menggunakan ruang penyimpanannya, jika tidak ingin iCloudnya penuh. Disadur dari Gizmochina, perubahan sistem pencadangan WhatsApp ini akan berlaku untuk semua pengguna android di awal bulan 2024.

Walau demikian, pengguna android tetap diinformasikan mengenai kebijakan pencadangan ini. WhatsApp menyebut akan ada notifikasi khusus 30 hari menjelang pencadangan dimulai. Bagi yang merasa akan mengganggu ruang penyimpanan Google Drive, maka dapat diseleksi terlebih dahulu data mana yang penting untuk disimpan.

Pergeseran kebijakan pencadangan ini secara tidak langsung juga menyelaraskan pengguna Android dengan pengguna iPhone, yang cadangan WhatsApp-nya selalu diperhitungkan dalam penyimpanan iCloud. Ini berfungsi sebagai pengingat untuk berhati-hati dalam penggunaan penyimpanan cloud, terutama dengan menyusutnya ukuran paket gratis.

Adsense

Jadi bagi pengguna Android, rencanakan terlebih dahulu, baik itu mentransfer obrolan, memangkas media, atau beralih ke pencadangan hanya teks, bersiaplah untuk lanskap baru penyimpanan Google Drive WhatsApp.

Tips Mengurangi Drive Penuh

Bagi pengguna yang khawatir riwayat obrolan mereka akan membengkak di Google Drive, ada opsi alternatif yang tersedia. Berikut jabarannya:

Transfer langsung dengan memanfaatkan alat transfer obrolan WhatsApp bawaan untuk memindahkan data Anda ke perangkat baru dengan lancar. Cara ini mengharuskan kedua ponsel berada di jaringan Wi-Fi yang sama, tetapi tidak diperlukan koneksi internet.

Pencadangan hanya teks, agar menghemat ruang dengan cara mencadangkan pesan yang perlu dan penting saja. Tidak termasuk file media.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More