BSSN dan Bawaslu Bersama Lawan Disinformasi Pemilu 2024

319

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – Juru bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariandi putra menghadiri sekaligus menjadi narasumber di Acara Collabs Fest 2023 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Republik Indonesia di gedung Sarinah Jakarta pada Sabtu (23/12/2023).

Acara dengan tema “Bersama Lawan Disinformasi Pemilu 2024” itu dihadiri oleh Tenaga Ahli Bawaslu Roland Monoach, Jurnalis Narasi Debora Priyanka, Public Policy and Government Relation Manager Tik tok Indonesia Farid Mufid, serta Manajer Program Kebijakan META di Indonesia Dessy Sukendar.

Acara ini dibuka secara resmi oleh anggota Bawaslu Lolly Suhenty, dalam sambutannya Lolly mengatakan bahwa, disinformasi Pemilu maupun Pemilihan Kepala Daerah harus dilawan oleh semua orang yang cinta Indonesia.

Lolly menambahkan kemudahan koordinasi antar Kementerian Lembaga, dengan BSSN dan Kemen Kominfo misalnya.

“Hasil patroli pengawasan siber disampaikan ke Bawaslu setiap harinya, sehingga dapat ditindaklanjuti dengan cepat,” ucapnya.

Adsense

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara BSSN Ariandi Putra menjelaskan bahwa BSSN menggaungkan pemilu damai kondusif serta bermartabat.

“Jaga ruang siber dan jaga suara menjadi salah satu elemen kunci dalam strategi komunikasi modern, serta kampanye #jagaruangsiber dan #jagasuara berusaha membawa perubahan positif dalam partisipasi masyarakat dan membangun kepercayaan dalam sistem penyelenggaraan pemilu,” ujarnya.

Di sisi lain, pemerintah juga membentuk saluran pengaduan bagi masyarakat, bekerja sama dengan organisasi masyarakat, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) dan Cek Fakta, serta edukasi terkait pemilu dan literasi digital akan terus disebarkan di masa pemilu 2024.

BSSN memandang bahwa kegiatan itu merupakan momentum kolaborasi seluruh lapisan masyarakat. Sebab, kewajiban memerangi disinformasi adalah tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More