Dahana Kembangkan Inovasi Peledak Curah Bawah Tanah

335

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

itechmagz.id – Badan Usaha Milik Negera (BUMN) PT Dahana terus mengembangkan inovasi dalam berbagai bidang, termasuk pertambangan bawah tanah, melalui produk bahan peledak curah Energetic Material Center yang dinamakan DabexUG.

“DabexUG telah digunakan dalam beberapa site proyek yang dimiliki oleh Dahana. Hasilnya, bahan peledak ini sangat dapat diandalkan, baik untuk pertambangan bawah tanah maupun dalam pembuatan terowongan,” ujar Pjs. Vice President Energetic Material Center (EMC) Dahana, Dadan Munawar, dalam keterangannya terkait kunjungan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ke Kampus Dahana, Subang, Provinsi Jawa Barat pada Kamis, (21/12/2023.

Dadan mengatakan pihaknya telah memformulasi DabexUG agar dapat digunakan pada lubang ledak berair maupun panas di dalam pertambangan dalam tanah.

Dengan demikian, perusahaan pertambangan akan bisa memangkas biaya operasional mereka sekaligus bisa menghemat penggunaan bahan peledak.

“DabexUG dapat memberikan benefit dan nilai tambah yang signifikan baik secara teknis operasional maupun ekonomis,” jelas Dadan.

Sementara itu, Kepala BDTBT Kementerian ESDM RI, Darius Agung Patra, mengapresiasi Dahana yang memiliki inovasi memproduksi bahan peledak yang handal digunakan dalam pertambangan bawah tanah.

Adsense

Inovasi ini diharapkan bisa memperkaya wawasan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat berbasis kompetensi untuk bidang tambang bawah tanah dan tambang terbuka yang mengikuti pelatihan di BDTBT.

“Kami mengapresiasi Dahana yang sukses memproduksi bahan peledak yang ampuh digunakan di pertambangan bawah tanah,” kata dia.

Darius juga mengatakan, pihaknya memiliki layanan pengujian kualitas batubara untuk keperluan komersil, pendidikan, ataupun lainnya dengan parameter pengujian dengan tarif yang bersaing.

Selain itu, BDTBT memiliki laboratorium uji, simulator, dan peralatan pendidikan lainnya dalam untuk melahirkan ahli pertambangan bawah tanah di Indonesia.

Olah karenanya dia berharap BDTBT dapat bekerjasama dengan Dahana baik pengadaan dummy produk bahan peledak bawah tanah, maupun pemateri untuk mengisi pendidikan soal peledakan.

“Kami berharap, mudah-mudahan kita bisa menjalani kerjasama yang baik dengan Dahana, kita bisa membuat rencana baik penyediaan dummy DabexUG maupun menjadi pemateri dalam pelatihan peledakan kami,” tandas Darius.

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More