Ini Ciri HP Disadap Orang Lain, Cek Selalu Isi Rekening

43

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Pengguna smartphone harus mewaspadai risiko ponsel, yang jadi penyimpanan banyak informasi pribadi, disadap oleh orang lain. Yuk simak tanda-tandanya.

Digitalisasi tak hanya memberikan segudang manfaat, tetapi juga beragam potensi kejahatan siber. Peretasan dan penyadapan menjadi salah satu kejahatan yang tumbuh di tengah kencangnya laju digitalisasi.

Saat ini ponsel menjadi perangkat yang tak terpisahkan dari aktivitas kita, sehingga penyadapan pada ponsel bisa berakibat fatal. Imbasnya, penyadap bisa melakukan banyak hal, mulai dari mencuri informasi pribadi hingga membobol rekening.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri ponsel disadap. Dikutip dari Life Wire, berikut ciri-ciri HP disadap:

Daya baterai cepat habis
Penjahat yang menyadap HP seseorang akan mengutak-atik isi HP dengan membuka berbagai aplikasi, penyimpanan dokumen, dan lainnya. Hal tersebut membuat HP bekerja lebih sehingga membuat daya baterainya terkuras dan cepat habis.

Jika Anda tidak banyak menggunakan HP, tetapi baterai HP cepat habis, maka bisa jadi HP Anda tengah disadap. Namun, Anda juga perlu mengecek kondisi kesehatan baterai. Baterai yang cepat habis juga bisa menjadi tanda kondisi baterai sudah tidak prima.

HP lemot
Aktivitas ekstra yang dilakukan oleh penyadap dari jauh juga akan membuat HP lemot. Hal ini dikarenakan aktivitas tersebut memberi beban lebih pada ponsel. Maka dari itu, perlu diwaspadai jika HP tiba-tiba menjadi lemot padahal umurnya belum terlalu lawas.

Adsense

Muncul aktivitas aneh
Aktivitas aneh yang dimaksud adalah aplikasi terbuka dan berjalan sendiri, padahal Anda tidak menggunakan ponsel. Kemungkinan penyadap tengah mengutak-atik ponsel Anda.

Muncul aplikasi asing
Selain aktivitas aneh, biasanya oknum penyadap juga akan memasang aplikasi asing. Aplikasi ini bisa jadi sistem yang dipasang penyadap untuk memantau ponsel Anda. Jika Anda tidak merasa mengunduh aplikasi tersebut dan aplikasi ini terpasang secara tiba-tiba, maka patut dicurigai ponsel Anda telah disadap.

Panggilan dan SMS tak dikenal
Ciri lain HP tengah disadap adalah adanya panggilan dan SMS tak dikenal yang dikirimkan ponsel Anda ke orang lain. Padahal, Anda tidak melakukan aktivitas tersebut. Aktivitas ini kemungkinan dilakukan oleh penjahat yang menyadap ponsel Anda.

Saldo rekening atau e-wallet terkuras
Penyadap bisa mencuri berbagai informasi yang ada di ponsel Anda, termasuk kredensial untuk login ke aplikasi bank dan e-wallet. Dengan demikian, mereka bisa menguras uang yang Anda simpan di dua tempat tersebut.

Jika Anda merasa saldo rekening dan e-wallet berkurang padahal tidak digunakan, maka patut dicurigai Anda telah disadap. Periksa pula riwayat transaksi untuk mengecek transaksi yang mencurigakan.

Pesan mencurigakan di email atau medsos
Penyadapan biasanya berasal dari sebuah tautan yang Anda klik dari email atau dari pesan di akun media sosial. Maka dari itu, coba cek email dan pesan di akun media sosial Anda apakah pernah mendapat kiriman pesan atau tautan mencurigakan dari orang lain atau tidak.

(Sumber: CNN Indonesia)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More