Ini Cara Buat Invoice di Microsoft Excel

46

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Jakarta, itechmagz.id – Microsoft Excel dapat memudahkan kita jika digunakan untuk mengolah data. Aplikasi dari layanan komputer ini menyajikan fitur-fitur yang menyesuaikan kebutuhan konsumen.

Bagi para pedagang atau pengusaha, biasanya mereka membutuhkan faktur, tagihan, atau invoice untuk mengabarkan pembelinya terkait total biaya yang harus disetorkan. Daripada menggunakan cara lama dengan menulis dan mengirim satu per satu invoice, yang juga memakan biaya pengiriman lebih mahal, ada baiknya memanfaatkan Microsoft Excel dan email, yang hanya bermodalkan internet.

Ada berbagai macam cara dalam membuat invoice, dari yang manual di Microsoft Excel hingga memanfaatkan aplikasi dari luar. Berikut rangkuman langkah-langkah membuat invoice di Microsoft Excel.

Membuat Invoice di Excel Secara Manual
Keuntungan dari membuat invoice secara manual adalah kita bisa menyesuaikan template invoice berdasarkan keinginan kita. Berikut langkah-langkahnya:

Adsense
  1. Buka lembar Excel baru
  2. Hapus gridlines (opsional) dengan pergi ke “View” lalu hapus centang pada kotak “Gridlines”
  3. Mulai membuat header invoice dengan mencantumkan kata “Invoice”, nama bisnis, informasi kontak (Alamat, nomor telepon, email), dan logo bisnis
  4. Di bawah header, maka cantumkan tanggal kadaluarsa pembayaran dan kode unik invoice
  5. Tambahkan informasi pelanggan (nama, alamat, nomor telepon) yang diawali dengan “To”, “Kepada”, “Ke”, atau “Invoice ke”
  6. Bikin dan desain tabel dengan nama kolom: “Nama Produk”, “Harga Produk”, “Jumlah Pembelian”, “Diskon”, dan “Total Lini Produk”
  7. Di bawah “Diskon” tambah tabel “Total Diskon”, sedangkan di bawah “Total Lini Produk” tambahkan secara berurutan “Subtotal”, “Pajak”, dan “Total”
  8. Invoice diakhiri dengan persyaratan pembayaran dan ucapan terima kasih

Memanfaatkan Fitur Excel dalam Membuat Invoice
Bagi beberapa orang, mungkin membuat template sendiri dapat memperlambat proses pembuatan invoice. Untuk itu, Excel pun menghadirkan fitur template yang menyediakan berbagai macam template bagi para penggunanya. Berikut langkah-langkah pembuatan invoice menggunakan template:

  1. Buka Microsoft Excel
  2. Pergi ke “File” dan klik “New from Template”
  3. Kemudian akan ada semacam pop up yang menampilkan berbagai macam template untuk beragam kebutuhan. Pergi ke “search” dan ketik “Invoice”
  4. Setelah itu, akan ada banyak pilihan template invoice yang bisa dipilih. Pilih salah satunya yang paling sesuai kebutuhan
  5. Template yang disajikan sedikit bersifat kaku sehingga tidak mungkin sesuai kebutuhan kita sepenuhnya. Untuk itu, kita bisa mengedit dan menyesuaikan template tersebut
  6. Isi template dengan beberapa poin yang sudah dijelaskan di atas, seperti header, informasi pelanggan, nama setiap kolom, syarat pembayaran, dan penutupan
  7. Bila sudah selesai, maka simpan dan kirim invoice tersebut

Setelah pembuatan Invoice selesai, maka kita bisa mengirim invoice ini dalam bentuk PDF ke alamat email pelanggan kita.

(Sumber: detikINET)

Advertisements

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More